ElectricityENERGIHighlights

Dukung Forest City, PLN Rampungkan 3 Infrastruktur Kelistrikan Tegangan Tinggi di IKN

PLN melakukan energize perdana untuk ketiga infrastruktur ini tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada dan diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Konstruksi Media, Balikpapan – PT PLN (Persero) merampungkan 3 (tiga) infrastruktur bertegangan tinggi untuk menopang sistem kelistrikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketiga infrastruktur dengan realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 67,29% tersebut meliputi 1 unit  Gas Insulated Switchgear (GIS) dan 2 unit jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt (kV).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan, PLN berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah dalam membangun IKN dengan konsep Kota Hutan (Forest City) yang pintar, indah, dan ramah lingkungan.

“Kami berkomitmen penuh untuk mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN. Ini akan menjadi Ibu Kota terbaik dengan teknologi canggih, menggunakan sumber energi bersih yang didukung oleh teknologi pintar berbasis Kecerdasan Buatan (AI) paling mutakhir dan estetik,” kata Darmawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Konstruksi Media, Minggu (2/6/2024).

Proses pembangunan terowongan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) di bawah tanah guna menghadirkan aspek estetik pada kelistrikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Darmawan melanjutkan, keberhasilan PLN menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan ini juga turut menyumbang peningkatan progres pembangunan IKN. Hal ini menjadi komitmen perseroan mendukung Pemerintah dalam pembangunan IKN sekaligus kesiapan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di IKN yang akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus mendatang.

Baca Juga:  Resmi Dikelola Pertamina, Ini Strategi PLN Pasok Listrik dan Uap ke Blok Rokan

“PLN terus menyiapkan sistem kelistrikan yang selaras dengan grand design pembangunan IKN. Termasuk untuk persiapan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Agustus nanti, kami telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung suksesnya momen bersejarah di IKN tersebut,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur, Raja Muda Siregar menjelaskan, pihaknya telah berhasil menyelesaikan infrastruktur kelistrikan dalam waktu yang cepat dan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting.

“Kami berhasil melakukan energize perdana untuk ketiga infrastruktur ini tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada dan diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 tahun,” ujar Raja. 

Raja menjelaskan bahwa kedua jaringan transmisi ini dibangun dengan panjang total 52,8 kilometer sirkuit (kms) dan GIS IKN menjadi yang pertama di Kaltim dengan kapasitas sebesar 120 Megavolt ampere (MVA).

Baca Juga:  PLTMH Endikat Resmi Beroperasi, Bauran EBT Sumatera Bertambah

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kolaborasi para stakeholder mulai dari pemerintah setempat, aparat, masyarakat hingga mitra kerja yang terlibat dalam penyelesaian infrastruktur kelistrikan ini.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari semua stakeholder terkait sehingga PLN dapat menyelesaikan penyediaan infrastruktur kelistrikan untuk IKN Nusantara,” pungkas Raja. (Hasanuddin)

Related Articles

Back to top button