EQUIPMENTProductTips & Trik

Jenis dan Karakteristik Keramik untuk Keindahan Eksterior Rumah yang Tahan Cuaca Ekstrem

Keramik eksterior tidak boleh hanya berkontribusi pada keindahan desain, tetapi juga harus mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca ekstrem.

Konstruksi Media, Jakarta – Saat membangun rumah, selain interior bangunan, tentu eksteriornya juga perlu diperhatikan. Dalam hal ini pemakaian keramik eksterior dapat membantu memperindah rumah.

Dulu, bagian eksterior pada bangunan hanya berkutat pada fungsi. Namun kini, eksterior telah menjadi inti dari estetika sebuah bangunan.

Pemilihan keramik dinding eksterior dan lantai memiliki peran yang penting. Tidak hanya sebagai pelapis, tetapi juga sebagai elemen utama yang menentukan keindahan bangunan.

Selain itu, keramik eksterior tidak boleh hanya berkontribusi pada keindahan desain, tetapi juga harus mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca ekstrem.

Lalu, apa jenis keramik yang cocok untuk dinding eksterior rumah? Bagaimana memilih keramik lantai yang tahan terhadap cuaca eksterior?

Berikut beberapa rekomendasi dikutip dari muliaceramics.com, Rabu (17/4/2024):

Karakteristik Keramik untuk Eksterior Rumah

Sebelum memilih keramik yang tepat untuk eksterior rumah, Anda perlu terlebih dahulu mengenali karakteristik keramik eksterior yang ideal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Karena akan dipakai di luar ruangan, maka keramik eksterior harus memiliki daya tahan lebih terhadap fluktuasi suhu, hujan, dan panas matahari setiap hari.

Daya tahan terhadap cuaca ekstrem adalah kunci untuk menjaga keindahan keramik eksterior dalam jangka waktu yang lama.

  1. Tidak Licin
Baca Juga:  Nusantara Building Industries Konsisten Lahirkan Produk-produk Berkualitas

Faktor keamanan harus menjadi prioritas utama dalam memilih, terutama untuk area lantai luar ruangan.

Karena itulah keramik eksterior harus memiliki tingkat kegesekan yang baik (tidak licin) untuk mencegah kecelakaan akibat tergelincir, terutama saat hujan atau ketika lantai sedang basah.

  1. Daya Tahan terhadap Noda dan Debu

Bagian luar dari bangunan tentu saja akan sangat rentan terhadap debu, noda, dan kotoran lainnya setiap hari.

Keramik yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda adalah pilihan cerdas untuk menjaga kebersihan dan estetika eksterior rumah Anda.

  1. Memiliki Estetika yang Menari

Melibatkan estetika dalam perencanaan eksterior adalah langkah bijak. Setiap elemen, termasuk pemilihan keramik dinding, memberikan kontribusi besar pada penampilan secara keseluruhan.

Dengan memberikan perhatian pada detail ini, Anda akan mampu mengubah rumah dari sekadar tempat tinggal menjadi karya seni yang abadi.

Oleh sebab itu, keramik untuk eksterior harus memiliki estetika yang menarik. Pilihlah keramik yang mampu memancarkan keindahan bangunan rumah Anda.

Jenis Keramik Eksterior Rumah

Sekarang, mari kita bahas beberapa jenis keramik yang direkomendasikan untuk eksterior rumah.

  1. Keramik Glazur

Keramik glazur memiliki lapisan pelindung yang memberikan kilau dan daya tahan terhadap cuaca ekstrem. Cocok untuk area dinding eksterior yang ingin memiliki tampilan yang cerah dan bersinar.

Baca Juga:  Diana Kusumastuti: PUPR Bangun 1,55 Juta Rumah Layak Huni Selama 2015-2022

Jenis keramik ini merupakan pilihan yang populer untuk eksterior rumah, baik untuk penerapan pada lantai atau dinding.

Lapisan glazur akan memberikan perlindungan luar biasa pada keramik, menjadikannya tahan air dan tahan api.

Kelebihan ini mampu menjaga keindahan dan keutuhan keramik Anda dari dampak buruk cuaca atau terpapar air secara berlebihan.

  1. Keramik Anti Slip

Pemilihan keramik untuk eksterior rumah bukan hanya sekadar memperhatikan estetika, tetapi juga harus fokus pada keamanan.

Keramik lantai anti slip merupakan solusi ideal untuk menciptakan harmoni antara keindahan dan keamanan pada area luar rumah Anda.

Keramik jenis ini mampu memberikan daya cengkeram yang baik dan mencegah tergelincir, bahkan dalam kondisi lantai basah.

  1. Keramik Batu Alam

Keramik batu alam bisa memberikan nuansa alami dan tahan lama pada bangunan. Bila Anda menyukai desain dengan sentuhan alam, maka jenis keramik ini adalah pilihan ideal.

Motif keramik dengan susunan batu alam besar akan memberikan nuansa hangat dan natural. Padukan dengan keramik motif kayu dan perabot kayu atau rotan untuk tampilan yang serasi dan memesona.

Anda bisa berkreasi dengan memainkan paduan warna dan tekstur keramik, untuk menciptakan harmoni yang memikat mata.

  1. Keramik Marmer Hitam

Pilihan keramik marmer hitam merupakan manifestasi seni yang mampu mengundang perhatian. Jenis keramik ini akan memberikan sentuhan elegan dan modern pada eksterior rumah.

Baca Juga:  BP Tapera Berhasil Salurkan Target FLPP 229 Ribu Unit pada Tahun 2023

Desain sederhana yang dipadu dengan warna gelap dari batu kerikil atau sejenisnya akan menghadirkan nuansa mewah yang tak terlupakan.

Selain itu, warna hitam cenderung lebih tahan terhadap cuaca, sekaligus mudah dibersihkan. Memilih keramik marmer hitam adalah pilihan berani untuk menciptakan pesona stylish pada rumah Anda.

  1. Keramik Tiles Graysale

Untuk rumah sederhana dengan desain minimalis, keramik tiles grayscale adalah pilihan tepat dalam memberikan sentuhan mewah dan elegan pada eksterior rumah.

Dengan nuansa abu-abu yang menarik, keramik ini juga akan menciptakan tampilan yang trendi dan serbaguna untuk berbagai gaya eksterior yang Anda pilih.

Keterbatasan warna pada nuansa grayscale justru akan memaksimalkan kesan elegan dan memberikan karakteristik yang mencolok pada lantai maupun dinding.

Keramik tiles grayscale adalah pilihan yang cerdas untuk menampilkan estetika terbaik dari rumah minimalis Anda.

Kesimpulan

Pemilihan jenis keramik untuk eksterior rumah memang memerlukan pertimbangan yang matang. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan fungsional dan estetika rumah Anda.

Dengan memilih secara cermat, keramik akan menjadi investasi jangka panjang yang meningkatkan nilai dan daya tarik visual rumah Anda.

Related Articles

Back to top button