Teknologi

Pemerintah Minta Semua Provider Siapkan Layanan 5G Secara Matang

Ini bukan siapa yang cepat, tetapi persiapan matang dan pertimbangan bisnis yang berorientasi ke depan

Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Konstruksi Media – Pasca tersedianya jaringan 5G di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate meminta operator seluler mempersiapkan layanan untuk jaringan tersebut secara matang.

“Ini bukan siapa yang cepat, tetapi persiapan matang dan pertimbangan bisnis yang berorientasi ke depan,” kata Johnny saat konferensi pers virtual, kemarin.

Ia menyampaikan, adopsi 5G awal di Indonesia merupakan langkah revolusioner di era telekomunikasi dan digital. Ia mengingatkan bahwa hal ini dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif.

Baca Juga:  Tingkatkan Komunikasi, 200 Pos TNI Bakal Dipasang Internet

“Itu mendorong kita untuk berkolaborasi agar penggelaran 5G lebih matang dan kuat. Oleh karena itu, siapkan operating expenditure dan capital expenditure yang memadai. Pasar menanti.” tegasnya.

Berkaitan dengan wilayah operasional 5G yang terbatas, Johnny meminta operator seluler menyiapkan peta jalan dan cara yang efisien dalam menggelar infrastruktur ini.

Sejauh ini, baru Telkomsel yang dapat menyediakan layaan 5G. Operator seluler berpelat merah ini menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Kominfo pada Senin (24/5).

Sebelumnya, Johnny mengatakan, tanggal 27 Mei 2021 menjadi sejarah baru untuk dunia telekomunikasi di Indonesia. Bahkan, ia menyebut, momentum ini menandai revolusi telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia.

Baca Juga:  Jaringan Internet 5G Bakal Dongkrak Industri, Jika Begini Nih

“Hari ini bersejarah untuk telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai revolusioner menatap masa depan telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia khususnya untuk pemerintah pusat dan daerah, komunitas bisnis, masyarakat umum bisa memenuhi kebutuhannya,” katanya dalam acara Telkomsel 5G Grand Launch ‘Unlock The Future’ di Vertical Garden The Telkom Hub. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button