ENERGIOil & Gas

Setelah 9 Tahun Absen, SKK Migas Kembali Akan Gelar SCM Summit 2024

Konstruksi Media, Jakarta – SKK Migas  kembali akan menggelar SCM Summit 2024, yang menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi, berinovasi, dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan industri hulu migas nasional.

Melalui acara ini, SKK Migas bersama KKKS dan pemangku kepentingan lainnya akan membahas solusi dan terobosan teknologi hulu migas, mempercepat digitalisasi rantai pasok, dan menyelesaikan permasalahan kompleks dalam aktivitas dan operasional hulu migas.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko menekankan pentingnya peran manajemen rantai pasok (Supply Chain Management-SCM) dalam memperkuat industri hulu migas nasional. Apalagi, menurutnya, tahun 2024 merupakan tahun yang sangat dinamis serta penuh tantangan.

Baca Juga:  Tingkatkan Investasi Industri Hulu Migas, SKK MIGAS-INPEX Galakkan Pengembangan Proyek LNG Abadi

“SCM memiliki peran strategis dalam memperkuat industri hulu migas nasional. Kita berharap SCM Summit 2024 dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan memberikan nilai tambah bagi industri hulu migas secara keseluruhan,” kata Rudi Satwiko dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Konstruksi Media, Jumat (3/5/2024).

Dikatakan, SKK Migas memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan industri hulu migas guna mendukung visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030.

Komitmen ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga  mempromosikan kemampuan industri lokal, termasuk kelompok usaha kecil dan menengah sebagai penunjang hulu migas.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya, Eka Bhayu Setta menambahkan, terobosan dan inovasi, terutama yang berbasis pada prinsip lean SCM, akan menjadi kunci dalam mencapai tujuan IOG 4.0.

Baca Juga:  Dukung Kelancaran Produksi Migas, 5 Gubernur Ini Diberi Penghargaan SKK Migas

Dia berharap, melalui langkah-langkah strategis seperti efisiensi proses tender, peningkatan TKDN, dan digitalisasi IOG e-Commerce dan IOG e-Catalog, fungsi SCM SKK Migas dapat semakin memperkuat pertumbuhan industri hulu migas.

“Langkah-langkah ini sejalan dengan visi untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan menghadapi tantangan global dalam sektor energi,” ujarnya.

SCM Summit adalah event tahunan SKK Migas yang kembali diadakan setelah absen selama 9 tahun. Tema yang diusung dalam gelaran SCM Summit 2024 adalah “Menavigasi Rencana Jangka Panjang Melalui Rantai Pasok Terintegrasi & Kolaboratif.”

Kegiatan SCM Summit 2024 akan dimulai dengan Pre-SCM Summit 2024 di Surabaya pada 10-11 Juni, diikuti oleh Pre-SCM Summit 2024 di Batam tanggal 1-4 Juli 2024. Acara puncak akan diadakan di Jakarta pada pertengahan Agustus 2024.

Baca Juga:  SKK Migas Ajak Jurnalis Ikuti Pelatihan Terkait Industri Hulu Migas

Diproyeksikan lebih dari 7.500 peserta dari berbagai sektor akan menghadiri konferensi ini, termasuk SKK Migas, KKKS, pemerintah, penyedia barang dan jasa, pelajar/mahasiswa, serta profesional SCM lainnya.(*/Hasanuddin)

Related Articles

Back to top button