AirINFRASTRUKTUR

SPAM IKK Way Sepagasan Mampu Layani 4.800 Rumah di Kabupaten Pringsewu Lampung

Pembangunan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

Konstruksi Media – Fasilitas Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Way Sepagasan di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). SPAM yang telah selesai dibangun pada 2021 tersebut saat ini telah melayani 975 unit Sambungan Rumah (SR) dari target 4.800 unit SR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

“Pemenuhan kebutuhan air minum ini menjadi salah satu prioritas di samping program sanitasi, terutama untuk menangani stunting atau gangguan pertumbuhan pada balita karena kekurangan air bersih dan sanitasi. Saat ini Kementerian PUPR tengah membangun banyak SPAM di berbagai daerah,” kata Menteri Basuki.

Baca Juga:  Telah Dilakukan Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Cileunyi - Pamulihan Siap Beroperasi

SPAM Way Sepagasan dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan memanfaatkan kapasitas sumber air dari Sungai Way Sepagasan yang terletak di dalam Kawasan Hutan Lindung Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu. SPAM ini diproyeksi dapat melayani kebutuhan air minum untuk 4.800 unit SR atau setara 24.000 jiwa masyarakat di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Pagelaran Utara, Sukoharjo, Banyumas dan Adiluwih.

Baca juga: BTN Gaet Summarecon Agung Salurkan KPR Segmen Menengah Atas

Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) berkapasitas 2X30 liter/detik dan jaringan perpipaan telah dibangun Kementerian PUPR pada 2020-2021 dengan anggaran APBN senilai Rp54,49 miliar. Sejumlah fasilitas terbaru telah dibangun di area Water Treatment Plant (WTP) di antaranya pengolahan airnya termasuk ramah lingkungan, karena menggunakan sistem gravitasi dari intake ke IPA yang posisinya di hulu, struktur IPA menggunakan baja dengan pondasi beton, dilengkapi Sludge Drying Bed, bak penyaring lumpur, reservoir sudah menggunakan glass steel berkapasitas 1.000 m3 sehingga sangat baik untuk teknologi air siap minum.

Baca Juga:  Ground Breaking BPJS Ketenagakerjaan, Komitmen Pemerintah Percepat Fasilitas Layanan Publik di IKN

Kementerian PUPR juga membangun ruang kantor pengelola, pagar keliling, lansekap, rumah pompa, water meter induk, laboratorium, gudang bahan kimia, dan rumah genset. Selanjutnya di luar WTP dibangun pipa HDPE, gorong-gorong, 3 jembatan pipa diameter 350 mm, dan water meter area diameter 75 mm.

Kementerian PUPR terus mendorong pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu untuk melakukan pengembangan SPAM Way Sepagasan melalui program penambahan Sambungan Rumah sehingga manfaat dari instalasi pengelolaan air minum yang sudah dibangun dapat optimal. SPAM IKK Way Sepagasan di Kabupaten Pringsewu berjarak sekitar 120 km dari pusat kota Bandar Lampung atau dapat ditempuh sekitar 3 jam 30 menit dengan jalur darat.

Baca artikel selanjutnya:

Baca Juga:  PUPR Kawal Tujuh Program Prioritas Nasional di Tahun 2022

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Back to top button