INFRASTRUKTURKawasan

Targetkan Investasi Rp40 Triliun, di PIK2 akan Dibangun Sirkuit Internasional

Sirkuit internasional untuk menyasar segmen pecinta otomotif dan direncanakan racing berskala nasional dan internasional sebagai magnet untuk segmen otomotif.

Konstruksi Media, Jakarta – Kawasan Pantai Indah Kapuk atau PIK2 (PANI) masuk ke dalam deretan proyek strategis nasional (PSN) baru era Presiden Joko Widodo (Jokowi). PIK2 menjadi salah satu dari 14 proyek yang masuk dalam daftar PSN tambahan.

Sekretaris Perusahaan PANI Christy Grassela mengatakan setelah ditunjuk sebagai PSN oleh pemerintah, PIK2 menargetkan total investasi senilai Rp40 triliun di kawasan tersebut.

“Perhitungan sementara total investasi mencapai sekitar Rp40 triliun dan akan dibangun mulai tahun 2024 dan ditargetkan selesai pada tahun 2060,” kata Christy dalam keterangan resmi, dikutip dari Kumparan Selasa (26/3).

Dalam perencanaan total investasi tersebut, Christy menyebutkan akan difasilitasi pihak swasta dan tidak ditargetkan menggunakan APBN/APBD.

Baca Juga:  Investasi US$ 90 Juta, Perusahaan Korsel Bangun Pabrik di Karawang New Industry City

PIK2 merupakan lanjutan usaha patungan Agung Sedayu Group (ASG) dan Salim Group (SG), setelah berhasil mengembangkan Kawasan PIK 1 dan pulau reklamasi, yakni Golf Island and Ebony dengan total luasan pengembangan sekitar 1.600 hektare.

Adapun perencanaan PIK2 PSN dengan kisaran luas proyek 1.755 hektare, yang telah dikaji yaitu pertama, pengembangan baru berkonsep eco-park dan dapat disebut Taman Bhineka yang akan mengusung keragaman religi dan sikap toleransi di Indonesia.

Kedua, Safari sebagai destinasi wisata alam yang dapat diakses oleh umum serta fasilitas penunjang yang diperlukan untuk mempermudah wisatawan untuk berkunjung termasuk hotel, restoran dan fasilitas lain yang berhubungan dengan wisata safari.

Ketiga, lapangan golf dirancang untuk dapat mengakomodir standar 27 holes dengan skala design bertaraf internasional. Keempat, wisata mangrove sebagai destinasi wisata alam yang berbasis pesisir pantai termasuk safari mangrove dan taman rekreasi keluarga, dan kebun binatang berhabitat mangrove.

Baca Juga:  PUPR Tingkatkan Pelayanan Kualitas Jalan Nasional

Kelima, sirkuit internasional untuk menyasar segmen pecinta otomotif dan direncanakan racing berskala nasional dan internasional sebagai magnet untuk segmen otomotif.

Keenam, adalah pembangunan ekowisata dapat mencakup resort yang bertemakan pesisir pantai, taman terbuka dan tertutup dengan target segmen wisata ekowisata.

Sehubungan dengan hal tersebut, PIK2 memerlukan transportasi dan jalan tol yang memadai. Saat ini kawasan PIK2 sedang dibangun jalan tol KATARA (Kamal-Teluknaga-Rajeg) sepanjang hampir 40 KM dan diperkirakan akan mulai beroperasi dalam 1 tahun ke depan.

“Penetapan PIK2 sebagai PSN menjadi tonggak baru bagi pengembang untuk lebih berdampak lebih luas sehingga bukan hanya membangun infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk hunian dan kegiatan komersial,” katanya.

Baca Juga:  Bahas IKN Nusantara, Jokowi Panggil Yusril Ihza Mahendra

Related Articles

Back to top button