Site icon Konstruksi Media

Kemen BUMN Tinjau Fasilitas Pelabuhan Makassar, Nyaman dan Siap Layani Penumpang

Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik Kementerian BUMN meninjau kesipan terminal pelabuhan Makassar. Dok. Ist

Konstruksi Media – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut transformasi terminal penumpang kapal yang dilakukan PT Pelindo (Persero) sudah sangat signifikan.

Asisten Deputi Bidang Jasa dan Logistik Kementerian BUMN Desty Arlaini, dalam kunjungan kerja ke Terminal Penumpang Anging Mammiri sekaligus memantau langsung kedatangan kapal laut milik PT Pelni, KM Binaiya yang tiba dari Labuan Bajo dan sandar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Hadir dalam kunjungan tersebut yakni, Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto, Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Suhadi Hamid, dan Kepala Cabang PT Pelni Makassar Yahya Kuncoro.  

“Kalau melihat kondisi (terminal penumpang Pelabuhan Makassar) seperti saat ini sudah sangat rapi, istilahnya transformasi terminal penumpang kapal ini kelihatan sudah signifikan. Ada improvement, dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu saat saya juga berkunjung ke terminal penumpang ini, ketika sedang dilakukan perbaikan untuk Ruang Tunggu Sementara (RTS),” ungkap Desty, sebagaiaman diberitakan, Selasa, (11/4/2023). 

Dia menambahkan, mindset masyarakat tentang terminal penumpang untuk kapal tidak seperti bandara yang terkesan eksklusif, rapih bersih dan nyaman.

Kemen BUMN Tinjau Fasilitas Pelabuhan Makassar, Nyaman dan Siap Layani Penumpang. Dok. Ist

“Kalau seperti ini kan sudah, para penumpang kapal sudah mendapatkan pelayanan yang prima, disediakan fasilitas yang rapi, besar dan juga nyaman. Sehingga para penumpang menjadi lebih merasa dihormati dan merasa dihargai untuk naik kapal. Mudah-mudahan dengan (kondisi) begini, tidak ada lagi stigma negatif untuk kapal penumpang,” urai Desty menjelaskan.

Alhamdulillah, hampir semua terminal penumpang yang saya kunjungi sudah oke dan Pelindo improvement-nya secara umum sudah luar biasa,” paparnya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut, terutama yang akan melakukan mudik Lebaran 1444 H/2023.

Pelindo dan Pelni sudah menyiapkan armada dan menyediakan fasilitasnya, supaya bisa dinikmati juga oleh penumpang kalau dengan perjalanan yang lebih matang. 

“Pertama, direncanakan secara matang untuk mudiknya, jauh-jauh hari direncanakan jadi supaya beli tiketnya juga jauh-jauh hari. Mudah-mudahan semua selamat, tiba di tempat tujuan tanpa ada kekurangan suatu apapun,” tutup Desty.

Standarisasi Terminal Penumpang

Menurut, Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Putut Sri Muljanto, kalau berbicara tentang terminal penumpang di seluruh Indonesia, pasti melihat yang ada di Pelabuhan Makassar. Hal ini sejalan dengan upaya Pelindo untuk melakukan perbaikan seluruh terminal penumpang yang dikelola perseroan, begitupun dengan program-program Direksi yang ingin membuat penumpang lebih nyaman ketika berada di pelabuhan saat menunggu kapal. 

Baca Juga : Inovasi Pelabuhan Indonesia , Dirut Pelindo: Jadi World Class Port

“Mana yang harus investasi bangun terminal baru, mana yang hanya butuh pemeliharaan. Direksi Pelindo berkomitmen untuk melakukan standarisasi seluruh terminal penumpang di Indonesia, terutama di wilayah timur Indonesia. Setelah Pelindo merger, kami bergegas melakukan perbaikan terminal penumpang secara bertahap, sebagai salah satu bentuk pelayanan Pelindo bagi masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, dia menuturkan bahwa pelayanan publik banyak yang memantau, sehingga Pelindo harus memberikan kualitas yang terbaik. Menurut Putut, beberapa pelabuhan sudah diperbaiki, termasuk fasilitas yang ada di terminal penumpangnya.

Bahkan ke depan, lanjut Putut, pihaknya berencana agar penumpang kapal di Pelabuhan Makassar tidak lagi menggunakan tangga untuk menuju terminal penumpang, namun akan disiapkan eskalator atau tangga berjalan agar menjadi lebih nyaman.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada stakeholders yang selalu memberikan masukan kepada Pelindo. Terima kasih untuk semua masukannya karena penting buat Pelindo. Terima kasih juga untuk support-nya selama ini,” beber Putut.  

Secara bersamaan, Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan pihaknya akan selalu memperhatikan terkait pelayanan untuk kenyamanan para penumpang kapal.

Pelabuhan Pelindo Makassar, Sulawesi Selatan. siap menyambut calon pemudik lebaran tahun 2022. Dok. Ist

“Kami selalu berupaya untuk terus melakukan perbaikan. Apalagi Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan yang terbesar di wilayah timur Indonesia, dan merupakan yang terbanyak dari segi jumlah penumpang kapalnya,” ujar Enriany.

Dikatakan olehnya, pada musim mudik Lebaran tahun ini diestimasi akan ada peningkatan jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar sebesar 5% yaitu menjadi 92.797 penumpang dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang tercatat sebanyak 88.378 orang.

Terkait improvement yang sudah dilakukan Pelindo khususnya di Pelabuhan Makassar juga dirasakan Rosmalawati, salah satu penumpang KM Lambelu. Menurut warga yang bermukim di Maros, Sulawesi Selatan dan akan melakukan mudik Lebaran ke Balikpapan ini, kondisi Pelabuhan Makassar saat ini telah berbeda jauh dibandingkan sebelumnya.

Selama dua tahun tidak mudik dan tidak menggunakan moda transportasi laut, Rosmalawati mengaku kaget melihat situasi dan kondisi di Pelabuhan Makassar saat ini.

“Saya tadi sempat kaget saat tiba di Pelabuhan Makassar, fasilitas yang disediakan sangat nyaman, terutama buat kami yang dari jauh dari Maros. Makanya saya sudah sejak pagi berada di pelabuhan, takut ketinggalan kapal. Dan melihat fasilitas yang ada di sini,” katanya.

Baca Artikel Selanjutnya :

Exit mobile version