INFRASTRUKTURJalan

Daftar Lima Jalan Tol Trans Sumatera Garapan Hutama Karya

JTTS merupakan akses vital dalam menghubungkan masyarakat di Pulau Sumatera dan antar pulau.

Konstruksi Media – PT Hutama Karya (Persero) terus mendorong penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada tahun 2023. JTTS merupakan akses vital dalam menghubungkan masyarakat di Pulau Sumatera dan antar pulau. Diharapkan menjadi stimulus baru yang akan meningkatkan perekonomian.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, ruas tol itu di antaranya Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih), Indrapura-Kisaran (Seksi 1 dan 2), Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan), Sigli-Banda Aceh (Seksi 1,5,6) dan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Bangkinang-Pangkalan).

“Keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan yakni rata-rata di atas 50%,” ujar Koentjoro melalui keterangan tertulis, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Bambang Susantono: Saya Yakin IKN Akan Terus Tarik Banyak Investor

Berikut perkembangan terakhir dari pembangunan lima ruas tol Trans Sumatera tersebut:

  1. Tol Simpang Indralaya-Muara Enim
    Pembangunan jalan tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya – Prabumulih) sepanjang 65 km sendiri saat ini sudah mencapai 89%. Dari sisi pekerjaan struktur, pengerjaan rest area terus berjalan, sementara untuk pengerjaan pintu tol dan 1 (satu) simpang susun telah selesai di garap.
    Jalan tol ini diharapkan dapat mendukung percepatan mobilitas masyarakat di wilayah Sumatera Selatan bagian Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim.
  2. Tol Indrapura-Kisaran
    Untuk mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara dan sekitarnya, pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran (Seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78%.
    Jalan tol ini akan dilengkapi dengan 2 (dua) simpang susun dan 2 (dua) gerbang tol.
  3. Tol Tol Binjai-Langsa
    Untuk Jalan Tol Binjai – Langsa (Seksi Binjai – Pangkalan Brandan) sepanjang 58 km, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 58%. Jalan tol ini nantinya memiliki 3 (tiga) gerbang tol, 3 (tiga) simpang susun, 26 jembatan dan direncanakan memiliki 1(satu) rest area.
    Lalu, jalan tol ini diharapkan mampu memperlancar akses menuju kawasan produktif dan destinasi wisata di wilayah Sumatera Utara.
  4. Tol Sigli-Banda Aceh
    Pembangunan Jalan Tol Sigli – Banda Aceh (Seksi 1,5,6) sepanjang 38 km sudah mencapai 81%. Seksi jalan tol ini akan dilengkapi 2 (dua) simpang susun dan 2 (dua) gerbang tol. Jika nanti tersambung, artinya seluruh pengerjaan dari Jalan Tol Sigli-Banda Aceh rampung secara keseluruhan dengan total panjang 74,2 km.
    Sebagai informasi, jalan tol ini merupakan salah satu ruas utama (backbone) JTTS untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh.
  5. Tol Pekanbaru-Padang
    Pembangunan JTTS yang direncanakan rampung di tahun ini adalah Jalan Tol Pekanbaru – Padang (Seksi Bangkinang-Pangkalan) dengan panjang 24,7 km. Saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 73%.
    Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan juga akan dilengkapi dengan 1 (satu) simpang susun dan 1 ramp on/off. Adapun rencana kecepatan 5 (lima) jalan tol ini berkisar 80 – 100 km/jam, dengan jumlah lajur 2×2.
Baca Juga:  Periode Mudik Lebaran 2024, Astra Infra Tetapkan Diskon Tarif Tol 20 Persen

Koentjoro mengatakan, penambahan panjang ruas JTTS pada tahun ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam pengembangan kawasan di wilayah Sumatera.

“Kehadiran JTTS merupakan vehicle bagi pertumbuhan perekonomian makro dan mikro di Sumatera. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan perekonomian yang merata. Adapun strategi Hutama Karya dalam percepatan penyelesaian ruas ini dengan penggunaan teknologi dan digitalisasi konstruksi guna tepat mutu dan waktu,” ucapnya.

Baca artikel selanjutnya:

Baca Juga:  Bendungan Cipanas Segera Suplai Irigasi dan Air Baku Kawasan Rebana Jawa Barat

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Back to top button