Konstruksi Media – PT Wijaya Karya (Persero) berkolaborasi dengan Sinohydro dan China Railway Engineering Corporation (CREC) membangun dua tipe pier dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Melintasi beragam kondisi geografis, aktivitas, dan lingkungan sekitar titik pembangunan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mulai menunjukkan kekokohannya.
Pembangunan konstruksi pier kereta cepat Jakarta-Bandung ini dibangun oleh Wika. Sedangkan Sinohydro dan CREC dibagian pembuatan dan instalasi box girder.
- Gelar Muswil, Pengurus DPW PAKKI Provinsi Jabar Dikukuhkan
- DPW PAKKI Provinsi Jawa Timur Gelar Muswil
- Joko Tri Raharjo, Direktur APKPI Periode 2024-2028
Dilansir dari akun instagram Kereta Cepat Jakarta-Bandung, ada 19 unit Portal Pier dibangun sebagai bentuk penyesuaian dari struktur layang di DK28 ini.
“Portal pier ini berdiri dengan dua kaki (pier) melintang diatas ramp tol ke arah Cikarang Dry Port (Pelabuhan Darat Cikarang),” tulis kereta cepat Jakarta-Bandung dalam akun sosial medianya, Jum’at (19/11/2021).
Terdapat dua tipe struktur frame pier pada barisan Portal Pier ini, yaitu pier tipe A yang memiliki bentang total 28,6 meter, dan pier tipe B dengan bentang total 33,8 meter.
Sedangkan untuk jarak vertikal sesuai dengan aturan berlaku, trase kereta cepat akan berada 5,2 meter diatas ramp dryport pada saat masa konstruksi dan 7,3 meter diatas ramp Dry Port pada saat selesai konstruksi. ***