INFRASTRUKTURJalan

Margautama Nusantara Pemegang Proyek Jalan Tol Makassar New Port

Konstruksi Media – PT Margautama Nusantara (MUN) telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) Tahap I dan Tahap II di Kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 7 Februari 2022.

Untuk informasi, PT Margautama Nusantara merupakan anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol. Perusahaan ini menaungi empat badan usaha jalan tol, salah satunya PT Bintaro Serpong Damai (BSD) yang akan membangun Jalan Akses Tol Makassar New Port Tahap I dan Tahap II.

Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara itu, pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Baca Juga:  Anak Usaha Nusantara Infrastructure Dapat Sokongan Modal dari GIC dan MPTI

Direktur Utama META, Ramdani Basri mengatakan pembangunan jalan akses tol Makassar New Port (MNP) ini merupakan lanjutan dari komitmen Nusantara Infrastucture untuk berkontribusi mendorong pembangunan infrastruktur berkelanjutan dengan menciptakan konektivitas daerah, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Jalan Akses Tol Makassar New Port Mulai Konstruksi Pembangunan

“Kehadiran tol MNP ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, distribusi logistik dan memperlancar jalur ekspor dan impor serta menjadi salah satu solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP,” kata Ramdani, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pembangunan Jalan Akses Tol MNP dengan kebutuhan lahan mencapai 2,74 hektar (ha) dilakukan dalam tiga tahap. “Tahap pertama mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP sepanjang 1,2 Km,” ucap Ramdani.

Baca Juga:  Progres Pembangunan Makassar New Port di Sulawesi Selatan

Sementara pembangunan tahap kedua mulai dari arah bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP sepanjang 2 Km dengan lebar lajur 4 meter. Tahap pertama dan kedua dikerjakan bersamaan, sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.

Pembangunan Jalan Akses Tol MNPmerupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan Konsultan Supervis Joint Operation PT Indo Koei–Nippon Koei–PT Cipta Strada dengan biaya investasi mencapai Rp705 miliar. Progres pembebasan lahan hingga 4 Januari 2022 telah mencapai 60 % dilaksanakan oleh PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Baca artikel selanjutnya:

Baca Juga:  Jokowi Targetkan Pembangunan Bendungan Bolango Ulu Rampung Akhir Tahun 2024

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button