DaratTRANSPORTATION

KAI Catatkan Semester I 2022 Pelanggan KA Naik 42 Persen

Kenaikan ini ditunjang meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

Konstruksi Media – PT Kereta Api Indonesia (Persero)/ KAI mencatatkan volume pelanggan KA Jarak Jauh pada Semester I 2022 meningkat cukup signifikan. Peningkatan tersebut sebesar 42% yaitu 119,8 juta pelanggan, dibanding Semester I 2021 sebanyak 84,1 juta pelanggan.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

Dia menambahkan volume pelanggan pada Semester I 2022 didominasi oleh pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek dimana jumlahnya mencapai 89,9 juta pelanggan.

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api,” terang Joni dalam keterangannya yang diterima Konstruksi Media, (19/7/2022).

Menurutnya, tahun ini, KAI juga terus memperluas layanan dengan mengoperasikan kembali jalur KA Garut – Cibatu pada 24 Maret 2022. Jalur Garut – Cibatu dibuka pertama kali pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983.

Baca Juga:  KAI Ungkap Cost Overrun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali 3 stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol.

Pada periode Semester I 2022 pula, KAI kembali menyelenggarakan Angkutan Lebaran, setelah 2 tahun vakum akibat kasus pandemi Covid-19 masih tinggi. Volume pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta pelanggan yang diselenggarakan selama 22 hari yakni 22 April s.d 13 Mei 2022.

Baca Juga : KAI Ungkap Cost Overrun Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pencapaian luar biasa tersebut telah mendekati pencapaian Angkutan Lebaran di tahun 2019 sebanyak 6,84 juta pelanggan.

“Untuk mengajak masyarakat menggunakan kereta api, KAI menyelenggarakan 2 event promo tiket yaitu KAI Access Online Travel Fair pada 27 s.d 29 Maret 2022 dan KAI Access Ramadan Festive 2022 pada 19-21 April 2022. Total sebanyak 82 ribu tiket dengan potongan harga khusus KAI hadirkan bagi pelanggan untuk kedua event promo tersebut,” tuturnya.

KAI catatkan kenaikan volume pelanggan di Semester I tahun 2022 yaitu 119,8 juta pelanggan. Dok. Ist

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, KAI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Pada 2 Februari 2022, KAI bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI.

Baca Juga:  Soft Launching Access by KAI, KAI Tingkatkan Fitur dan Layanan KAI Access

“Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access,” imbuhnya.

Adapun pada 15 Juni 2022, KAI bersama dengan Transjakarta melakukan kolaborasi strategis yang meliputi sistem integrasi antarmoda, pengembangan usaha transportasi terpadu, dan pengembangan kawasan berorientasi transit.

KAI selalu konsisten mematuhi aturan pemerintah terkait perjalanan menggunakan kereta api di tengah regulasi transportasi kereta api di tengah pandemi sangat dinamis. Mulai 17 Juli 2022, KAI menerapkan aturan yang menyesuaikan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022. Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan di masa pandemi, KAI menghadirkan layanan vaksinasi gratis di berbagai stasiun.

“KAI optimis bahwa adanya kebijakan ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk bepergian dengan kereta api yang selalu mengedepankan protokol kesehatan,” papar Joni.

Pada Semester I ini pula layanan kereta api terdapat momentum untuk melakukan penindakan terhadap penumpang yang melakukan pelecehan seksual selama dalam perjalanan kereta api.

Baca Juga:  KAI Ubah Jam Keberangkatan Kereta Api, Berikut Jadwalnya

Hal ini merupakan langkah tegas yang KAI lakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual di layanan KAI. Di samping menggandeng Komnas Perempuan, YLKI, Pemerintah Daerah, kepolisian, dan stakeholders lainnya, KAI juga melakukan kampanye serentak di berbagai kota.

Untuk perbaikan secara keseluruhan di setiap layanannya, KAI terbuka atas semua saran, masukan, dan kritik.

Pihaknya berkomitmen untuk berbenah dengan selalu mendengarkan input dari pelanggan dan segera menginfokan kepada pelanggan jika terjadi perubahan aturan, skema pelayanan, atau hal penting lainnya.

“KAI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan jasa KAI selama Semester I 2022 ini. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menggunakan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tandasnya.

Baca Artikel Selanjutnya :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button