INFRASTRUKTURJalan

Konektivitas Jalan Tol Jembatan Pulau Balang dengan Bandara VVIP IKN

Nilai pagu paket dan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) dari kontrak ini tercatat sebesar Rp3,6 triliun dengan masa pelaksanaan selama 420 hari kalender atau 14 bulan.

Konstruksi Media – Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Danis H. Sumadilaga mengatakan, proyek pembangunan Jalan Tol Segmen Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko bakal tersambung dengan Bandara Very Very Important Person (VVIP).

“Ini yang dimaksud 5B (Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko). Nah 5B ini sampingan dengan Bandara VVIP, nanti dari sini ada jalan,” kata Danis saat melakukan kunjungan kerja di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur, Rabu (24/8/2023).

Ia mengatakan, Jalan Tol Seksi 5B sepanjang 13,27 kilometer (km) ini akan menjadi jalan tol akses menuju ke kawasan IKN. Penanganan pembangunan Jalan Bebas Hambatan (JBH) IKN Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko, kata dia, mencakup konstruksi jalan sepanjang 11,7 km, dua jembatan dengan total panjang 475 meter (m), dan elevated pile slab sepanjang 1,1 km.

Baca Juga:  Kejati Jabar Klaim Selamatkan Uang Negara Hingga Rp3,2 Triliun Dari Proyek KCIC

Baca juga: PUPR Buka Lelang Jalan Tol Jembatan Pulau Balang di IKN Senilai Rp3,6 Triliun

“Paket pembangunan JBH IKN Pulau Balang-Sp. Riko akan mencakup konstruksi 5 unit over pass atau flyover,” ucapnya.

Nilai pagu paket dan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) dari kontrak ini tercatat sebesar Rp3,6 triliun dengan masa pelaksanaan selama 420 hari kalender atau 14 bulan.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, proses lelang Bandara VVIP di IKN kemungkinan bisa dilaksanakan lebih cepat di September 2023.

“Ini yang Bandara VVIP itu kan kalau perencanaan sudah dilaksanakan, kita memakai sisa lelang untuk dilakukan sekarang uang mukanya, baru nanti yang 2024 untuk sisanya. Jadi mungkin bulan depan [lelangnya] atau nunggu Oktober mungkin kayak lelang dini itu,” kata Basuki usai konferensi pers nota keuangan, dikutip Jumat (18/8/2023).

Baca Juga:  60 Ribu ASN Akan Pindah ke IKN, Kepala Bappenas: Dimulai Tahun Ini

Baca juga: BTN Gaet Summarecon Agung Salurkan KPR Segmen Menengah Atas

Untuk diketahui, percepatan pembangunan serta pengoperasian Bandar Udara Very Very Importat Person (VVIP) di IKN tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.31/2023. Bandara VVIP IKN rencananya akan digunakan pada saat 17 Agustus 2024.

Bandara VVIP IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Bandara VVIP di IKN juga dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi dan terminal VIP 5.000 meter persegi serta runway sepanjang 3000 x 485 meter. Bandara VVIP IKN berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Baca artikel selanjutnya:

Baca Juga:  Konsultan di IKN Bukan Robot…

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Back to top button