AirINFRASTRUKTUR

Perumda Tirtanadi Siap Operasikan SPAM Medan, Binjai, dan Deli Serdang

Dia menyebut, SPAM Mebidang lolos "commissioning" atau pengujian operasional yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut pada Desember 2023.

Konstruksi Media, Jakarta – Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtanadi Kabir Bedi mengatakan, pihaknya siap mengoperasikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Medan, Binjai, dan Deli Serdang (Mebidang) mulai Januari 2024.

“Insya Allah kami operasikan mulai bulan ini, mungkin minggu ketiga,” ujar Kabir dikutip dari Antara, Senin (8/1/2024).

Dia melanjutkan, saat ini SPAM Mebidang masuk tahap penandatanganan berita acara serah terima dari pemerintah pusat ke Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. Kabir pun memastikan Perumda Tirtanadi siap mengoperasikan SPAM Mebidang yang berkapasitas debit 1.100 liter per detik itu.

Baca juga: SPAM Kali Dendeng di Kupang dengan APBN Senilai Rp173 Miliar Resmi Beroperasi

“Kami sudah menyiapkan semua bahan kimia dan tenaga kerja pun ada. Tinggal menjalankan saja,” kata dia. Kabir menegaskan bahwa SPAM Mebidang telah melewati serangkaian uji supaya operasionalnya lancar.

Baca Juga:  Tingkatkan Daya Tarik Investor, Kementerian Siapkan Infrastruktur KIT Batang

Dia menyebut, SPAM Mebidang lolos “commissioning” atau pengujian operasional yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut pada Desember 2023. Saat “commissioning”, SPAM tersebut dioperasikan penuh dengan debit maksimal.

“Semua proses dilakukan sesuai standar nasional Indonesia (SNI),” tutur Kabir.

Baca juga: SPAM Semarang Barat Siap Layani Air Minum untuk Ratusan Ribu Masyarakat

SPAM regional Mebidang, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2023, dibangun untuk menyokong upaya Pemerintah Indonesia mengejar target 100 persen rumah tangga memiliki akses air minum layak pada tahun 2024.

SPAM itu dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, bersama beberapa BUMN seperti PT Brantas Abipraya (Persero) serta PT Adhi Karya (Persero).

Baca Juga:  Kawasan Pariwisata Pantai Malalayang dan Bunaken Siap Sambut Wisatawan

SPAM Mebidang melayani kebutuhan air minum untuk 88.000 sambungan rumah (SR) yang sama dengan 440.000 jiwa di wilayah meliputi 10 kecamatan di Kota Medan, dua kecamatan di Kota Binjai dan satu kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. Keberadaan SPAM itu diproyeksikan akan memenuhi 83,6 persen kebutuhan air di wilayah Mebidang atau lebih banyak dari saat ini yang sekitar 64 persen.

Related Articles

Back to top button