INFRASTRUKTURJalan

PUPR Kebut Pembangunan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3, Segini Progressnya

Pemerintah menargetkan jalan tol Seksi 3B (Krukut – Limo) akan beroperasi pada Januari 2023 mendatang.

Konstruksi Media – Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) saat ini terus mempercepat penyelesaian proyek infrastruktur jalan bebas hambatan Jalan Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan – Cinere sepanjang 5,44  kilometer (km). Hal tersebut guna meningkatkaan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Tol Cijago untuk Seksi 1 telah beroperasi tahun 2012 dan Seksi 2  telah beroperasi 2019, artinya sudah hampir 10 tahun.

“Bukan berarti kita lambat akan tetapi pembangunan diperkotaan tantangannya lebih banyak dan lebih besar terutama masalah pembebasan tanah. Kalau masalah pembebasan tanah cepat pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat,” ungkap Basuki, Senin, (29/8/2022).

Sementara, Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Jasmono menjelaskan, Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,64 km terdiri 3 (tiga) Seksi. Seksi 1 menghubungkan Jalan Raya Bogor – Cimanggis sepanjang 3,70 km telah beroperasi Januari 2012.

Baca Juga:  Masyarakat Antusias, Jembatan Kretek 2 Uji Coba Fungsional

Kemudian, Seksi 2 menghubungkan Kukusan – Jalan Raya Bogor  sepanjang 5,5 km telah beroperasi September 2019 lalu.

“Selanjutnya, untuk Seksi 3 Limo – Kukusan sepanjang 5,44 km tengah dilakukan percepatan konstruksi, dan kami optimis untuk konstruksi Seksi 3A (Kukusan – Krukut) akan beroperasi pada November 2022. Sedangkan konstruksi Seksi 3B (Krukut – Limo) ditargetkan akan beroperasi pada Januari 2023 mendatang,” ujar Triono ketika mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI meninjau progres pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi 3, Jum’at (26/8/2022).

Dia menjelaskan, saat ini progres konstruksinya secara keseluruhan telah mencapai 64,96 % sedangkan untuk pembebasan lahan telah mencapai 90,77%.

Baca Juga : Kabar Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi III

“Untuk biaya  konstruksi sebesar Rp1,2 triliun dengan kontraktor pelaksana PT. Lancarjaya Mandiri Abadi – PT. PP Presisi KSO,” papar Triono.

Baca Juga:  PUPR Bangun Rusun untuk MBR di Bekasi
Pembangunan Ruas Tol Cinere-Jagorawi. Dok. Ist

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga sebagai Ketua Tim Kunker Spesifik Syaifullah Tamliha mengatakan, kedatangan Komisi V DPR RI ini untuk memastikan pembangunan infrastruktur transportasi di Kota Depok dapat berjalan dengan baik.

“Kita meyakini bersama bahwa ketersediaan infrastruktur transportasi yang baik dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan logistik,” terang Tamliha.

“Saya juga berharap agar pembangunan tol Seksi 3 ini agar segera diselesaikan  sehingga secepatnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat mengingat arus lalulintas di Kota Depok semakin padat,” sambung dia.

Dia menjelaskan, Jalan Tol Cijago memiliki peran penting dalam mendukung konektivitas ke-6 ruas jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II terdiri atas ruas Cengkareng – Kunciran sepanjang 14,2 km, Kunciran – Serpong sepanjang 11,1 Km, Serpong – Cinere sepanjang 10,1 km, Cinere – Jagorawi sepanjang 14,7 km, Cimanggis- Cibitung sepanjang 26,2 km, dan Cibitung – Cilincing sepanjang 34,8 km.

Baca Juga:  Pemerintah Kebut Empat Seksi Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir 2021

Penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3 akan meningkatkan konektivitas Tol JORR II yang berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, memperlancar mobilitas warga dan mengurangi kemacetan di ruas tol lain.

Sementara, Direktur Utama PT. Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin menjelaskan, pengusahaan Jalan Tol Cinere – Jagorawi dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT.Translingkar Kita Jaya dengan masa konsesi selama 40 tahun dan dibangun dengan total investasi sebesar Rp3,21 Triliun, sedangkan untuk biaya konstruksinya menelan biaya sebesar Rp1,2 triliun.

Baca Artikel Selanjutnya :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button