DaratTRANSPORTATION

Tingkatkan Pelayanan, KAI Makin Manjakan Pengalaman Pelanggan

Target KAI pada 2023 yakni dapat melayani 45,5 juta pelanggan, okupansi diprediksi akan meningkat 36% dibanding realisasi jumlah penumpang pada 2022.

Konstruksi Media – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 53.820.962 pelanggan dengan rincian 30.186.431 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan 23.634.531 pelanggan Kereta Api Lokal sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut naik 134% dibanding periode 2021 sebanyak 23.022.715 pelanggan. Volume tersebut tidak termasuk yang menggunakan jasa anak perusahaan KAI.

“Peningkatan ini dipengaruhi melandainya pandemi Covid-19 di tahun 2022. KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat yang telah menggunakan angkutan kereta api selama 2022,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melalui keterangan tertulis, Senin (20/2/2023).

Ia mengataka, target KAI pada 2023 yakni dapat melayani 45,5 juta pelanggan, okupansi diprediksi akan meningkat 36% dibanding realisasi jumlah penumpang pada 2022.

Pada tahun 2023, kata dia, KAI akan melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. KA-KA baru akan KAI operasikan untuk menambah keleluasaan kepada pelanggan dalam memilih jadwal.

Baca Juga:  Stasiun LRT Jabodebek Saling Terintegrasi, Mudahkan Penumpang Pindah Moda

“KAI juga akan menambah relasi baru seperti kereta api melingkar di jalur Jawa Barat – Jawa Tengah dan Jawa Timur-Jawa Tengah,” ucapnya.

Kemudian KAI akan menghadirkan Kereta Luxury Generasi 3 untuk memberikan pilihan lebih banyak bagi pelanggan yang menghendaki pelayanan ekstra untuk menggunakan kereta api.

Kapasitas Kereta Luxury Generasi 3 sama dengan Generasi 2 namun memiliki keunggulan dimensi cangkang kursi yang lebih kecil sehingga membuat kesan lebih luas.

Kereta Luxury Generasi 3 dilengkapi dengan bahan lapisan kursi yang lebih nyaman, lantai berkarpet, 2 buah toilet, rak koper, dan alternatif warna yang lebih menarik.

Baca juga: Mau Mudik? Tiket Kereta Api untuk Lebaran Bisa Dipesan Mulai 26 Februari 2023

“Inovasi produk kereta juga KAI hadirkan melalui Kereta Tidur Kompartmen dengan dinding pembatas personal, sehingga lebih eksklusif. Kereta berkapasitas 16 orang ini memungkinkan pelanggan dapat tidur dengan posisi terlentang. Di samping itu, KAI juga akan terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan menghadirkan Kereta Eksekutif Stainless Steel Generasi 2,” jelas Didiek.

Baca Juga:  KAI: Progres Investasi Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Capai 85%

Untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh saat proses boarding, KAI akan menambah fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang saat ini telah terpasang di Stasiun Bandung. Nanti bakal terpasang di Stasiun Gambir, Cirebon, Semarang tawang, Yogyakarta, Solobalapan, Malang, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasarturi.

Dengan adanya Face Recognition Boarding Gate, pelanggan tak perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

KAI juga akan melakukan pembaruan aplikasi KAI Access dengan mengubah User Interface, sehingga memudahkan pelanggan untuk merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api serta memenuhi kebutuhan lifestyle lainnya dengan experience yang berbeda.

“Layanan yang mendukung lifestyle tersebut juga memperhatikan kebutuhan pelanggan yang mayoritas adalah kaum milenial, sehingga aplikasi KAI Access menjadi sebuah aplikasi super app,” kata Didiek.

Baca Juga:  KAI Tebar Diskon Hingga 25% Periode Libur Kenaikan Kelas

Makanan dan minuman baru dengan berbagai variasi dan perubahan secara berkala juga akan KAI lakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan selama dalam perjalanan seperti menu aneka pastry, garlic bread, lasagna, dan sebagainya.

“KAI memahami arah kebutuhan pelanggan yang semakin mengandalkan pelayanan yang terdigitalisasi. Diharapkan melalui berbagai peningkatan pelayanan di tahun 2023 ini dapat meningkatkan customer experience sehingga kereta api tetap menjadi transportasi pilihan masyarakat,” ucap Didiek.

Baca artikel selanjutnya:

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Back to top button