Teknologi

5G Tersedia di Indonesia, Telkomsel Jadi Provider Pertama Sediakan Layanan

Pemerintah akan menyiapkan kebutuhan untuk mendukung layanan 5G tersebut

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika

Konstruksi Media – Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan jaringan 5G. Menurutnya, hari bersejarah bagi teknologi internet Indonesia tersebut merupakan layanan perdana yang saat ini baru disediakan di sembilan kota di Indonesia.

Ia menyebutkan, layanan 5G mampu menyediakan kecepatan 20-100 kali lipat lebih cepat dari 4G bahkan bisa sampai 20 Gbps. Kemudian dari sisi latency, 5G merupakan ultra low latency.

“Dari sisi ekonomi layanan 5G berpotensi menyediakan USD13,1 triliun dari ekonomi global, menyediakan 22,8 juta Lapangan pekerjaan baru dan mampu berkontribusi signifikan pada industri transportasi, tambang, properti, dan kesehatan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga:  Resmikan SPKLU di Denpasar, Begini Kata Wamen BUMN

Nugroho menjelaskan, Telkomsel 5G akan memanfaatkan spektrum di pita frekuensi 2.3GHz sehingga ia memastikan Telkomsel sangat siap melayani jaringan baru tersebut.

“Telkomsel 5G memanfaatkan spektrum frekuensi radio di pita frekuensi 2,3GHz untuk menggelar layanan 5G,” jelasnya.

Diketahui, Layanan 5G Telkomsel ini baru tersedia di 9 kota Indonesia antara lain Jakarta, Medan, Bali, Balikpapan, Makassar, Bandung, Surabaya, Surakarta, dan Batam. (E

Ditempat yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam acara Telkomsel 5G Grand Launch ‘Unlock The Future’ di Vertical Garden The Telkom Hub mengatakan, tanggal 27 Mei 2021 menjadi sejarah baru untuk dunia telekomunikasi di Indonesia. Bahkan, ia menyebut, momentum ini menandai revolusi telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia.

Baca Juga:  Pemerintah Minta Semua Provider Siapkan Layanan 5G Secara Matang

“Hari ini bersejarah untuk telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai revolusioner menatap masa depan telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia khususnya untuk pemerintah pusat dan daerah, komunitas bisnis, masyarakat umum bisa memenuhi kebutuhannya,” kata Johnny G. Plate di Jakarta.

Peluncuran layanan 5G ini juga menjadi tantangan yang luar biasa untuk mengoptimalkan layanannya. Jaringan 5G kali ini juga dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur dari hulu hingga hilir sehingga mempercepat pembangunan di Indonesia.

“Telkomsel sendiri mengambil langkah cepat dengan kesiapan yang matang dan keputusan bisnis ke depan untuk mampu berkolaborasi. Pemerintah akan menyiapkan kebutuhan untuk mendukung layanan 5G tersebut,” ungkap Johnny. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button