HighlightsProduct

Avian Brands Setia Mewarnai Indonesia

Avian Brands bertranformasi menjadi perusahaan yang terintegrasi secara vertikal dan horizontal.

Konstruksi Media – PT Avia Avian atau Avian Brands merupakan perusahaan cat ternama di Indonesia, yang memproduksi merek dagang seperti Avian, Avitex, No Drop, dan produk cat dan non-cat lainnya (seperti Pipa PVC merek Power) untuk berbagai macam kebutuhan.

Avian Brands telah puluhan tahun memberikan solusi bagi permasalahan cat rumah, anti bocor, furnitur, otomotif, perahu, anti korosi, anti panas, dan lain sebagainya.

Didirikan Soetikno Tanoko di Sidoarjo pada tahun 1978, produk-produk Avian Brands telah menjadi pilihan utama untuk berbagai kebutuhan di rumah, kantor, ataupun gedung-gedung di Indonesia.

Baca juga: Erie Heryadi Terpukau FORA INKINDO Jawa Tengah: Vendornya Banyak, Megah dan Meriah

National Project Manager PT Tirtakencana Tatawarna, Dionysius Angkasa menyebutkan, mulanya Avian lebih dikenal sebagai cat besi dan kayu. Seiring berjalannya waktu, Avian Brands bertranformasi menjadi perusahaan yang terintegrasi secara vertikal dan horizontal.

Dalam sisi vertikal dapat dimaknai, Avian tidak hanya memproduksi cat saja, tetapi sudah merambah memproduksi bahan baku cat, resin, cat, sampai ke kemasan kaleng.

“Jadi dari hulu sampai hilir kita produksi sendiri. Ini 100% memang produk buatan lokal,” kata Dionysius saat diwawancarai Konstruksi Media dalam acara Forum Anggota (FORA) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Jawa Tengah, terselenggara di Patra Semarang Hotel & Convention beberapa waktu lalu, dikutip Selasa (24/10/2023).

Gedung Avian Brands. (foto: dok. pribadi).

Mengenai terintegrasi secara horizontal dapat dimaknai, Avian Brands memiliki jalur distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang, Aceh sampai Merauke, Papua Selatan.

Dionysius mencatat, saat ini Avian Brands memiliki 140 cabang dan gudang hingga ke wilayah kabupaten, tidak hanya di kotamadya saja. Adapun lokasi pabrik utama berada di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Sesuai dengan komitmen dari Avian Brands, kita lebih memperkuat di jalur distribusi selain dari sisi inovasi produknya,” tutur dia.

Avian Brands juga mulai merambah ke sektor building material. Jadi, pada tahun 2014 lalu perusahaan mulai berinvestasi memproduksi pipa dan fitting uPVC dengan mereka dagang Power.

Di sisi bersamaan, Avian Brands juga merambah ke bisnis semen instan dry mortar dengan merek dagang Giant Mortar. Ini menjadi solusi untuk dinding dan lantai.

“Kita (juga) ada perekat bata ringan, skim coat, Plamir sampai untuk solusi lantai kita ada perekat keramik dan granite tile dan lainnya,” jelas Dionysius.

Baca Juga:  Progresif Genjot Pasar Eksternal, Kontrak Baru WSBP Meroket Hingga 212%

Baca juga: FORA INKINDO Jateng di Semarang Resmi Dibuka, Dimeriahkan Puluhan Booth Vendor

Tak sampai di situ, Avian Brands juga punya dua varian produk untuk waterproofing yakni No Drop dan Pro-X 207

Pro-X merupakan kolaborasi dari 2 teknologi brand hebat yang berpengalaman di kelasnya, yaitu Avian Brands dan Mortar Utama (Saint-Gobain). Kedua perusahaan besar itu berpatungan membentuk satu produk baru.

“Pro-X 207, salah satu produk unggulannya ialah pelapis kedap air berbahan semen, filler dan aditif serta Acrylic Copolymer yang diformulasikan khusus dengan fitur tahan air yang mudah diaplikasikan . Kita juga pelan-pelan merambah ke sealant,” ucapnya.

Dari sektor cat, Avian Brands bisa dibilang sangat ekspansif juga karena berhasil memproduksi cat marine protective, coating, hingga floor coating.

Dionysius menekankan, setiap produk yang diciptakan oleh Avian Brands akan mengisi segmen sendiri dengan merek sendiri. Tujuannya, agar produk-produk yang dihasilkan makin berkualitas dan menonjol di segmen yang dituju.

“Contohnya segmen premium kita ada Lenkote series. Untuk di kelas mediumnya yaitu Avitex series. Di kelas waterproofing ada No Drop,” ujar Dionysius.

Cat Avian. (dok: pribadi).

“Untuk semisal di kelas coating besi dan kayu, kita ada merek Avian cat besi kayu dan beberapa merek lainnya. Jadi memang strategi dari kami kita akan menciptakan produk dengan merek tersendiri untuk mengisi segmen tersebut,” ucapnya menambahkan.

Dionysius mengharapkan, Avian Brands dapat menjadi one stop solution untuk para konsultan yang biasa menggarap proyek, juga pada sisi retail yang membutuhkan solusi pada building material.

“Seperti pada proyek konstruksi kita start dari plumbing kita ada pipa, mau bangun struktur dengan bata ringan kita sudah ada produknya, terus solusi untuk anti bocor kita ada No Drop. Untuk dak beton, atau di kamar mandi, atau kolam, kita ada Cement Based Waterproofing dengan merk Pro X,” katanya.

“Sampai ke finishing products, kita ada cat eksterior dan interior. Untuk landscape kita ada cat marka jalan, cat paving. Untuk area-area yang bisa dibilang tingkat korosi cukup tinggi kita punya produk juga,” ujar dia lagi.

Menurut Dionysius, dari hulu sampai hilir, Avian Brands memberikan solusi ke pihak konsultan, kontraktor, dan konsumen lainnya. Pihaknya pun akan memberikan servis sebaik mungkin ke berbagai proyek. Sebab, sebaran jalur distribusi Avian Brands sudah sangat luas.

Baca Juga:  BUMN Goes to Campus ITB Ajak Mahasiswa Bahas Teknologi Hijau dan Prospek Energi di Indonesia

Ia menambahkan, dari segi positioning memang baru diwujudkan dalam beberapa tahun belakangan ini, utamanya setelah Avian mulai melantai di Initial Public Offering (IPO) tahun 2020 lalu.

Dionysius mengungkapkan, beberapa tahun lalu ada badan independen dari Amerika Serikat yang melakukan research market cat dekoratif di Indonesia. Dari data tersebut diperoleh fakta bahwa Avian sejak tahun 2017 sudah menjadi nomor satu di Indonesia.

“Pada tahun 2020 yang lalu berdasarkan data dari mereka itu kita masih nomor satu dengan menguasai 20% market Share di Indonesia, itu untuk kategori cat dekoratif. Bisa kita bilang owner kami, beliau sangat visioner,” ujar dia.

Meskipun sudah memiliki varian produk yang terbilang lengkap, menurut Dionysius, Avian Brands sampai saat ini belum berencana membuat toko bangunan sendiri seperti Mitra 10.

National Project Manager PT Tirtakencana Tatawarna, Dionysius Angkasa dan CEO Konstruksi Media Bahar Yahya di sela event FORA INKINDO Jawa Tengah. (foto: Morteza Syariati Albanna).

Dengan demikian, pihaknya akan tetap fokus pada peluasan jalur distribusi. Sebab, sejauh ini Avian Brands memang besar dari sisi retail dan toko-toko bangunan.

“Kita tetap mempertahankan dari situ. Kalau untuk divisi proyek terus terang kita masih sangat baru, kurang lebih kita baru berdiri 5 tahun. Maka itu kita lagi sangat gencar untuk pengenalan produk di proyek untuk memberikan solusi kepada teman-teman di lapangan,” tuturnya.

“Kalau ritel bukannya sombong ya, saat ini untuk di ritel belum ada yang bisa mengalahkan kekuatan jalur distribusi (Avian Brands) ini,” ucapnya menegaskan.

Avian Brands saat ini sudah memiliki ratusan varian warna untuk cat tembok, cat besi, cat kayu, flooring, dan cat paving. Sementara untuk waterproofing, No Drop sudah banyak mengeluarkan warna lain di luar abu-abu.

Saat disinggung mengenai colour trends tahun 2023, ia melihat banyak pelanggan Avian Brands yang menggunakan cat berwarna putih. Mengenai flooring, pihaknya selalu berkiblat pada tren dari luar negeri, di mana selama 5 tahun belakangan ini sedang ramai masyarakat di sana menggunakan white marble yang membawa nuansa klasik pada hunian.

“Tapi saya lihat pelan-pelan arahnya, kalau feeling saya (lokal) dari melihat perkembangan desain teman-teman konsultan itu sudah mulai ke arah warm sudah mulai coklat. Itu feeling saya, karena 2 tahun belakangan ini desain teman-teman arahnya ke sana,” kata dia.

Dionysius membeberkan, berdasarkan hasil riset internal, maka terungkap bahwa produk best seller Avian Brands di antaranya No Drop, cat besi dan kayu, dan cat tembok Avitex.

Baca Juga:  Bambang Susantono Lantik Pejabat di Lingkungan Otorita IKN

Avian Brands juga belum lama ini me-launching produk baru Avian cat besi anti karat 3 in 1.

Avian Innovation Center. (foto: dok. Pribadi).

“Sudah satu paket semua. Itu sudah mengandung cat primer/dasar, cat pelapis, dan fitur anti karat. Jadi tidak hanya kita memproteksi satu media besi, kita juga sudah memberikan fitur anti karat yang membuat dia lebih inovasinya,” tuturnya.

Avian juga merilis produk Avitex Anti Viruz, cat interior premium dengan Powerhealth Technology yang diformulasi untuk melindungi permukaan tembok dari TBC (Tuberkulosis), virus Corona (Covid-19), influenza A (H1N1), Coxsackie serta 10 bakteri patogenik seperti Mycobacterium tuberculosis (TBC), E.coli, MRSA, dan lain-lain hingga 99,9%. Produk ini dikembangkan di Laboratorium Avian Innovation Center yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Saat ini cat Avitex Anti Viruz sudah menempel di berbagai rumah sakit, sekolah, dan hotel. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat setelah dilakukan uji pengetesan di suatu laboratorium di Amerika Serikat serta sertifikasi dari Universitas Airlangga Surabaya.

“Kan kita perlu suatu tembok yang higienis bebas dari kuman. Jadi teman-teman yang sudah punya properti, hotel, dan sekolah mulai menyadari pentingnya kesehatan juga, membantu Konsumen untuk lebih terjaga dari sisi kesehatan melalui cat tembok Avian yang higienis,” kata dia.

Dionysius berujar, dengan terus berkembangnya teknologi, maka Avian tidak akan berhenti melahirkan ide-ide inovatif dalam melahirkan produk.

“Avian mewarnai Indonesia, bukan hanya dari segi cat saja, tetapi dari solusi building material juga ada. Jadi, teman-teman yang punya kendala apa di lapangan, kita akan memberikan solusinya. Jalur distribusi kita sangat masif dari Sabang sampai Merauke. Jadi, di manapun konsumen berada, di situ pasti ada Avian,” kata National Project Manager PT Tirtakencana Tatawarna, Dionysius Angkasa.

Sebagai informasi, Tirtakencana Tatawarna masuk dalam bagian Avian Brands, bergerak dalam bidang penjualan dan distribusi bahan Architectural Solutions dan Trading Goods melalui jalur perdagangan, baik tradisional maupun modern di seluruh Indonesia.

Baca artikel lainnya:

Related Articles

Back to top button