FINANCEPembiayaan

BTN Sukses Tekan Kredit Macet Hingga Rp900 Miliar

Penyelesaian ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas aset Bank BTN yang berdampak pada peningkatan kinerja Perseroan.

Konstruksi Media, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN sukses melakukan transaksi penyelesaian aset berkualitas rendah atau kredit macet (Non-Performing Loan/NPL) senilai Rp900 miliar. Sinergi dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) pada akhir tahun lalu ini berhasil memangkas rasio NPL pada tahun 2023 secara signifikan.

Keberhasilan Bank BTN dalam menurunkan rasio NPL secara signifikan tersebut diprediksi analis akan membuat kinerja perseroan makin cemerlang dan harga saham BBTN akan semakin menguat.

Sampai dengan kuartal III-2023, Bank BTN telah berhasil mencetak laba bersih sebanyak Rp2,31 triliun, angka tersebut mengalami kenaikan 1,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,28 triliun.

Baca Juga:  Indonesia Bakal Miliki Pengujian Kendaraan di Bekasi

Baca juga: KPR Online BTN, Kemudahan Miliki Rumah Idaman dengan Satu Platform

Di mana, raihan laba bersih BBTN tersebut, salah satunya disumbang oleh kenaikan bisnis syariah, kredit pemilikan rumah (KPR), high yield loan, hingga lonjakan fee based income.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perseroan telah menyelesaikan transaksi penjualan aset berkualitas rendah atau NPL dengan pihak-pihak terkait pada akhir tahun lalu. Hasilnya, transaksi ini berhasil memangkas rasio NPL Bank BTN secara signifikan.

“Penyelesaian ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas aset Bank BTN yang berdampak pada peningkatan kinerja Perseroan. Melalui penyelesaian ini, kami optimisis dapat memperbaiki rasio NPL yang diharapkan dapat turut mendorong pertumbuhan bisnis Perseroan,” kata Nixon mengutip infobank, Senin (8/1/2024).

Baca Juga:  BTN Gelar Akad Massal 10 Ribu Unit Rumah di Seluruh Indonesia

Penyelesaian NPL ini, kata dia, merupakan wujud nyata sinergi BUMN sekaligus komitmen Bank BTN untuk senantiasa memperbaiki kualitas aset, sehingga Bank BTN dapat berfokus dalam menyediakan solusi kepemilikan rumah bagi masyarakat.

“Upaya perbaikan kualitas aset di Bank BTN sejalan dengan arah bisnis Perseroan untuk aktif mendukung pemerintah dalam meningkatkan penyediaan hunian yang layak melalui layanan pembiayaan perumahan terbaik,” ujarnya.

Baca juga: Komitmen BP Tapera Dukung Pekerja Mandiri Miliki Rumah di Jawa Barat

Direktur Utama PPA Muhammad Teguh Wirahadikusumah mengatakan, PPA sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa berkomitmen untuk turut mendukung stabilitas perbankan nasional melalui solusi penyelesaian NPL.

Menurut dia, PPA sebagai arranger membantu BTN dalam melakukan penyelesaian NPL melalui uji tuntas yang seksama, komunikasi dengan para pemangku kepentingan terkait, serta mengedepankan manajemen risiko yang terukur.

Baca Juga:  Atasi Backlog Perumahan, Presiden Jokowi Dorong Inovasi dari BTN

“Penyelesaian NPL Bank BTN ini diharapkan dapat membuka peluang yang luas untuk bersinergi dengan industri perbankan, khususnya Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) maupun swasta, sehingga dapat memberikan nilai dan kebermanfaatan bagi industri perbankan Indonesia,” ucap Teguh.

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Back to top button