Jalan

Diklaim Sesuai RTRW DKI 2030, Citra Marga Kebut Tol Akses Priok-Bandara Soetta

Konstruksi Media – PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mengklaim proyek pembangunan Ruas Jalan Tol Ancol Timur – Pluit (Harbour Road II) telah sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta 2030 terkait Rencana Struktur dan Pola Ruang.

Pihaknya mempercepat pembangunan proyek Tol yang akan mengakses pelabuhan Tanjung Priok hingga Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengaku telah menyaksikan pengeboran pertama pembangunan proyek Tol ini di Jl. RE. Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, 17 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga:  Dalih Jaga Kepercayaan Investor, Tarif Tol Jakarta-Surabaya Jadi Rp722 Ribu

“Nantinya, pembangunan Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc Section Harbour Road II akan dimulai dari Ancol Timur hingga Pluit dengan panjang 9,6 Km dengan konsep pembangunan Jalan Tol layang (Elevated),” ujar Danang dalam laman BPJT, dikutip Senin (30/8/2021).

Menurutnya, dalam pengeboran pertama ini turut hadir Direktur Utama CMNP Fitria Yusuf, Direktur CMNP Bambang Hartadi  dan Hasyim, dan Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo.

Sebelumnya, pekerjaan persiapan awal pembangunan Tol HBR II juga telah dimulai pada 19 April 2021 lalu. 

Jalan Tol ini akan terintegrasi dengan Akses Tanjung Priok (ATP) dan Tol Ir Sedyatmo atau Tol Bandara Soekarno-Hatta.  Selain itu, kehadiran Tol HBR II juga akan berkontribusi membentuk lingkar penuh dari jalan tol JORR 1 dan interkoneksi dengan Tol JIUT.

Baca Juga:  Buka Tiga Akses Baru, Waskita Klaim Volume Kendaraan Tol Becakayu Meningkat

Pembangunan ruas Jalan Tol HBR II dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) dan diharapkan konstruksinya dapat terselesaikan pada tahun 2024 mendatang, dengan biaya investasi mencapai sekitar Rp. 15,8 Triliun.

Lokasi lajur Proyek jalan Tol HBR II sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta 2030 terkait Rencana Struktur dan Pola Ruang.

Keberadaan Jalan Tol HBR II juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing Pelabuhan Tanjung Priok dalam efisiensi jalur logistik laut. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button