Jalan

Erick Thohir Pastikan LRT Jabodebek dan KCIC Rampung Sebelum 2022

Konstruksi Media – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyampaikan, proyek Lintas Rel Terpadu atau LRT Jabodebek, dan proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) ditargetkan rampung sebelum 2022.

Menurutnya, progres kedua proyek ini masing-masing sebesar 80 persen dan 78 persen. “Untuk LRT dan percepatan KCIC, LRT sudah sampai 80 persen, KCIC 74-78 persen,” ujarnya saat rapat bersama DPR, Jakarta, Kamis (8/7/2021).

Lebih lanjut Erick mengatakan, banyak pihak mempertanyakan keberhasilan pengerjaan proyek besar ini. Namun, kata Erick, pihaknya akan terus mengoptimalkan pengerjaan progres kedua proyek tersebut bersama Komisi VI.

Baca Juga:  Erick Thohir: Transformasi BUMN untuk Menjadi Pemain Global

“Proyek-proyek ini banyak pihak pesimis tapi Alhamdulillah, dengan dukungan DPR, proyek ini akan bisa jalan dan diselesaikan pada 2021 akhir atau 2022. Ini jadi prestasi yang luar biasa,” katanya.

Erick menuturkan, untuk mendukung percepatan penyelesaian kedua proyek ini terdapat bantuan Penyertaan Modal Negara (PNM) sekitar Rp7 triliun. Secara lebih rinci, Rp2,7 triliun untuk proyek LRT, dan pemenuhan base equity KCIC Rp4,3 triliun.

“LRT ada Rp 2,7 triliun, dan tentu ada percepatan dari KCIC,” ungkapnya.

Diektahui, proyek LRT Jabodebek ditargetkan sepanjang 44 kilometer merupakan pembangunan transportasi massal terpanjang dalam satu paket dengan nilai investasi Rp23,3 triliun.

Sementara itu, proyek Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC) merupakan perusahaan yang mengoperasikan jaringan kereta cepat Indonesia yang rencananya akan dibangun dengan rute Jakarta-Bandung.***

Baca Juga:  Erick Thohir Angkat Donny Arsal Jadi Dirut Semen Indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button