Bandara

Proyek Amarta Karya Raih Penghargaan Dunia

Konstruksi Media – Bandara Internasional Pattimura Ambon berhasil meraih penghargaan Airport Service Quality (ASQ) 2021 yang diselengarakan oleh Airport Council Internasional (ACI).

Sebelumnya, Bandara Pattimura ini mengalami sejumlah renovasi atau beautifikasi oleh PT Amarta Karya (Persero) atau Amka.

Direktur Utama Amka Nikolas Agung mengaku bangga karena proyek beautifikasi Bandara Pattimura berhasil mendapatkan penghargaan dalam ajang kelas dunia.

Menurutnya, Bandara Pattimura berhasil meraih peringkat ketiga di Asia-Pasifik dengan skor 4,89 dalam kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun pada kuartal II 2021.

Baca Juga:  Semakin Luas dan Cantik, Bandara Pattimura Sabet Penghargaan ACI

Nikolas mengapresiasi seluruh karyawan dan pemangku kepentingan terkait, khususnya PT Angkasa Pura I (Persero). 

Penghargaan itu, ungkapnya, menjadi kehormatan bagi perusahaan karena telah menjadi bagian dalam proses beautifikasi Bandara Internasional Pattimura Ambon.

Diharapkan, Bandara Pattimura ini menjadi mendorong sektor perekonomian dan pariwisata sehingga berkontribusi aktif mendukung program pemerintah dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

“Penghargaan ini, kami harap dapat menjadi pemicu untuk lebih baik dalam memberikan kontribusi bagi Indonesia, khususnya dalam bidang konstruksi,” ucap Nikolas.

Nikolas menyampaikan pengembangan dan beautifikasi bandara ini telah menambah luas terminal penumpang menjadi 16.090 meter2 dari sebelumnya seluas 10.270 meter2.

Langkah selanjutnya, Amka akan melakukan masa pemeliharaan Bandara Internasional Pattimura guna menjaga dan meningkatkan kualitas bandara dengan memberikan best effort dan best practice kepada para pemangku kepentingan.

Baca Juga:  Tunjang Pembangunan Bandara IKN, Bank Tanah Siapkan Lahan 360 Hektare

Corporate Secretary Amka Pandhit Seno Aji mengatakan, proyek Bandara Internasional Pattimura Ambon ini menambah portfolio pengalaman perusahaan dalam pembangunan infrastruktur bandara.

Pandhit menyebut tiga tahun sebelumnya, Amka telah merampungkan proyek infrastruktur Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Terminal Cargo Internasional Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Internasional Hasanuddin Makassar. 

“Seluruh proyek ini merupakan ikhtiar Amka sebagai BUMN konstruksi untuk berkontribusi secara aktif terhadap pemulihan ekonomi nasional,” kata Pandhit.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura I  Bandara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana mengatakan, prestasi ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri. Di samping pengerjaan proyek beautifikasi oleh Amka yang telah rampung, penghargaan yang didapatkan Bandara Internasional Pattimura Ambon kali ini merupakan sebuah peningkatan prestasi dari ajang yang sama pada kuartal I 2021, yakni peringkat 8. 

Baca Juga:  Jokowi Resmikan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu, Senilai Rp567 Miliar

“Ke depannya, kami harap Bandara ini dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas penunjangnya, guna menggerakan roda perekonomian dan pariwisata daerah Ambon dan sekitarnya,” ucap Pribadi.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button