EVENTHighlights

Rakernas Kadin Indonesia Bidang Asosiasi dan Himpunan: Satukan Langkah, Pemikiran dan Karya

Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia 2023 dilaksanakan dalam rangka melakukan koordinasi dan sinkronisasi terhadap berbagai upaya-upaya sinergistik.

Konstruksi Media – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Asosiasi dan Himpunan selenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan mengusung tema Kolaborasi Anggota Luar Biasa Kadin Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Plh. Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia 2023 diselenggarakan berdasarkan pasal 27 Anggaran Rumah Tangga (ART) Nomor 18 tahun 2022 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART) Kadin, setiap bidang di kepengurusan Dewan Pengurus diamanahkan untuk menyelenggarakan Rakernas.

Plh. Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi. Foto: Konstruksi Media/Reza Antares P

“Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia 2023 dilaksanakan dalam rangka melakukan koordinasi dan sinkronisasi terhadap berbagai upaya-upaya sinergistik melalui penetapan pelaksanaan Program Kerja Kadin hasil Rapimnas Kadin tahun 2022 pada tiap bidang,” kata Yukki dalam pembukaan Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia di Rizt Carlton Hotel, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga:  Wisnu W. Pettalolo: Peluang Harus Diciptakan

Selain itu, kata dia, Rakernas dapat digunakan untuk menyampaikan rekomendasi kepada Dewan Pengurus Kadin Indonesia untuk memutuskan hal-hal yang tidak dapat diputuskan sendiri dan hasilnya akan dipertanggungjawabkan dalam Musyawarah Nasional (Munas).

Baca juga: KADIN-KPPU Teken MoU Dukung Pertumbuhan dan Persaingan Usaha Sehat untuk Industri Digital

Menurut Yukki, Rakernas merupakan momentum untuk menguatkan organisasi Kadin sebagai SATU Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang merupakan wadah bagi pengusaha Indonesia (BUMN, BUMD, Koperasi, usaha swasta dan Usaha Mikro dan ultra Mikro), baik yang tidak bergabung maupun yang bergabung Petahana pengusaha (Himpunan, Ikatan) dan/atau organisasi Perusahaan (Asosiasi, Gabungan).

Ia mengatakan, Kadin merupakan mitra sejajar Pemerintah di bidang Perekonomian dan induk organisasi dunia usaha Indonesia yang merupakan wadah komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi, dan advokasi bagi pengusaha, organisasi pengusaha (Himpunan, Ikatan) dan organisasi Perusahaan (Asosiasi, Gabungan) Indonesia.

Baca Juga:  Upgrade Teknologi Terkini, PUPR Gelar Konferensi Jalan Internasional di Labuan Bajo

“Harapan kami semoga Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia 2023 merupakan momentum untuk menyatukan langkah, pemikiran, dan karya untuk melahirkan pemikiran-pemikiran strategis dalam penguatan organisasi Kadin di semua tingkatan,” ucap Yukki.

Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan Wsinu W. Pettalolo mengatakan, Rakernas ini digelar dalam rangka mendorong Kadin yang inklusif dan kolaboratif, serta mengimplementasikan Program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk seluruh anggota asosiasi dan himpunan pada sektor industri dan jasa.

Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan Wsinu W. Pettalolo. Foto: Konstruksi Media/Reza Antares P

Selain itu, kata dia, rangkaian Rakernas membahas sejumlah strategi dalam mensinergikan pelaksanaan program kerja Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia di pusat dengan program Asosiasi dan Himpunan di masing-masing Provinsi maupun masing-masing Asosiasi dan Himpunan Anggota Luar Biasa Kadin yang jumlahnya sebanyak 208 Asosiasi dan Himpunan.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Raih KPPU Award 2021, Buah Persaingan Sehat dan Kompetitif

Baca juga: Kadin Indonesia Serahkan Peta Jalan Indonesia Emas 2045 ke Presiden Jokowi

Menurut Wisnu, melalui Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia 2023, Kadin bersama-sama organisasi pengusaha dan organisasi perusahaan melakukan konsolidasi dalam merumuskan pemikiran dalam menyelesaikan permasalahan dunia usaha atau Pengusaha Indonesia yang tergabung dalam organisasi pengusaha dan organisasi perusahaan.

“Akhirnya harapan kami agar para peserta Rakernas Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia 2023 dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat berpartisipasi aktif dan menyumbangkan tenaga dan pikirannya demi kemajuan organisasi Kadin dan dunia usaha di Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Reza Antares P

Come closer, I will tell you an interesting story

Related Articles

Back to top button