Jalan

Tuntas Agustus, Proyek Kereta Cepat Seksi 4 Sudah 95 Persen

Konstruksi Media – PT Wijaya Karya memastikan proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung seksi 4 akan tuntas pada Agustus 2021.

Saat ini, progress Kereta Cepat Jakarta-Bandung seksi 4 ini telah mencapai 95 persen.

“Wah udah semakin tampak jelas nih bentuk lintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, #SobatWIKA. Mimin baru aja dapet kabar dari tim proyek di section 4 yang membentang dari Cimahi-Bandung sepanjang 28 KM. Progres konstruksi section 4 sudah mencapai 95% dan direncanakan selesai pada Agustus 2021,” tulis Wijaya Karya dalam akun Instagramnya, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga:  Wijaya Karya Kasih Pinjaman untuk WINNER Senilai Rp36 Miliar

Saat ini, tim proyek Wijaya Karya sedang fokus mengerjakan beberapa hal, diantaranya pengerjaan 38 Pier di DK 131-DK133, 3 beam portal di DK 131 IC Buahbatu, dan pekerjaan overpass Mengger baru.⁣

Bersama PT KAI, Wijaya Karya tengah mengerjakan pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung dengan anggaran Rp 80 triliun.

Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut akan bermula dari Stasiun Halim, Jakarta, yang akan berperan sebagai stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan dan berakhir di Stasiun Tegalluar, Bandung, dengan panjang rute keseluruhan mencapai 142,3 kilometer yang diperkirakan dapat ditempuh hanya dalam waktu 46 menit.

Rencananya, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan selesai pada tahun 2022 mendatang. Diketahui, feasibility study (FS) pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan di tahun 2015 atau enam tahun silam.

Baca Juga:  Sudah 83,6%, Waskita Kebut Proyek Tol Becakayu di Pusat Kota Bekasi

Pada kesempatan berbeda, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimisistis proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang direncanakan tersambung hingga Surabaya akan berjalan sesuai rencana.

Dia menyampaikan bahwa saat ini dirinya telah ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu dengan pihak terkait proyek tersebut.

“Prinsipnya sih setuju. Kami komunikasi terus dan kita akan bikin [kereta cepat] Jakarta – Surabaya dari Bandung tersambungnya,” kata Luhut di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Lebih lanjut, Menko juga menyebutkan bahwa sementara ini rencana trase yang akan dilalui oleh kereta cepat Jakarta-Surabaya yaitu Bandung – Kertajati – Yogyakarta – Solo – Surabaya. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button