Jalan

Baru 9 Ruas Beroperasi, Ini Daftar Jalan Tol Trans Sumatera

Konstruksi Media – Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan backbone Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Aceh sepanjang 2.700 km harus tersambung pada tahun 2024.

Dari catatan BPJT, sejauh ini ada pembangunan terhadap 24 seksi jalan tol yang tergabung dalam 10 ruas JTTS.

Konstruksi seksi jalan tol yang dijadwalkan rampung hingga akhir tahun ini adalah ruas Pekanbaru–Bangkinang, Blang Bintang–Kuto Baro, Kuto Baro–Baitussalam, Tebing Tinggi–Inderapura, Kuala Tanjung–Inderapura, Tebing Tinggi–Serbelawan, dan Serbelawan–Pematang Siantar.

Baca Juga:  Pemudik Mesti Cek, Strategi Jasa Marga Sambut Arus Mudik

Sementara itu, Jalan Tol Padang–Sicincin dijadwalkan rampung tahun depan. Perkembangan konstruksi jalan tol tersebut tertahan di level 91,92 persen hingga medio Maret 2021.

Kepala BPJT, Danang Parikesit menyebutkan, pembangunan jalan tol Trans ini terkendala proses pembebasan tanah yang belum rampung. Sampai saat ini BPJT belum mencantumkan biaya pembebasan tanah ruas tersebut pada laman resminya.

“Prinsipnya kalau dari kami [dan] investornya, Hutama Karya, sejauh ada tanah yang tersedia, ini pasti kami kerjakan,” ujar Danang belum lama ini.

Pembebasan tanah Jalan Tol Padang–Sicincin mencapai 96,62 persen. Ruas Padang-Sicincin sepanjang 36 kilometer merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru–Padang.

Jalan tol tersebut telah menelan investasi senilai Rp80,41 triliun. Sementara itu, biaya konstruksi ruas tersebut mencapai Rp45,99 triliun

Baca Juga:  Hutama Karya Buka Ruas Tol Pekanbaru dan Bengkulu

Dari laman resmi BPJT, Rabu (7/7/2021), proyek Jalan Tol Trans Sumatera hingga saat ini telah beroperasi sepanjang 673 Km yang terdiri dari 9 ruas tol. Ke-9 ruas tol tersebut yakni :

1. Bakauheni – Terbanggi Besar 140 Km
2. Terbanggi Besar – Kayu Agung 189 Km
3. Kayu Agung – Palembang – Betung 38 Km
4. Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 Km
5. Medan – Binjai 17 Km
6. Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 Km
7. Palembang – Indralaya 22 Km
8. Sigli – Banda Aceh Seksi 3-4 30 Km
9. Pekanbaru – Dumai 132 Km

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button