FINANCE

Di Hadapan DPR, Kementerian PUPR Beberkan Proyek Triliunan Yang Segera Dilelang

Konstruksi Media – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan membeberkan proyek triliunan yang akan segera dilelang.

Proyek itu akan dilelang dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Salah satunya adalah proyek pembangunan 4 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 3.

“Untuk proyek yang telah masuk PPP Book (daftar rencana kerjasama pemerintah dan badan usaha/KPBU ready to offer) yaitu adalah untuk sektor jalan dan jembatan ini Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg (ruas JORR 3),” ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Eko D Heripoerwanto dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga:  INA Berikan Investasi Rp39 T untuk Hutama Karya dan Waskita

Selain itu, pihaknya juga akan segera menelan proyek Jembatan Batam-Bintan, Jalan Tol Mamminasata, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat (ruas JORR 3) dan ruas Tol Semanan-Balaraja dan Tol Bogor-Serpong via Parung.

Untuk diketahui, empat ruas jalan tol JORR 3 tersebut masing-masing memiliki panjang 38,6 km untuk ruas Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg dengan nilai investasi Rp 18,76 triliun. Kedua, Semanan-Balaraja memiliki panjang 32,35 km dengan nilai investasi Rp 15,52 triliun.

Ketiga, tol Bogor-Serpong via Parung memiliki panjang 31,1 km dengan nilai investasi Rp 8,9 triliun. Keempat, ruas tol Sentul Selatan-Karawang Barat dengan panjang 61,5 km dengan panjang Rp 15,37 triliun.

Selain keempat ruas tol JORR 3 tersebut, proyek jalan dan jembatan yang siap lelang tahun ini adalah Jembatan Batam-Bintan, Jalan Tol Mamminasata, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi (penundaan lelang), Duplikasi Jembatan CH di Pulau Jawa, Jalan Tol Akses Patimban,

Baca Juga:  Sumber Mas Konstruksi Bakal IPO, Harga Sahamnya Rp150-Rp350

Selanjutnya adalah Jalan Tol Semarang Harbour/Semarang-Kendal, Jalan Tol Cikunir-Karawaci Elevated, dan Jalan Tol JORR Elevatd ruas Cikunir-Ulujami. Total panjang jalan dan jembatan yang siap dilelang tahun ini mencapai 447.067 Km dengan estimasi biaya investasi sebesar Rp 167,74 triliun.

Selain jalan dan jembatan, proyek lainnya yang siap dilelang tahun ini adalah Rusun Cisaranten, Bina Harapan yang terdiri dari 2.738 unit dengan estimasi biaya investasi mencapai Rp 1,1 triliun. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button