Investasi

Pesan Jokowi Saat Investor Daily Summit 2021, UMKM dan Koperasi Setara Dengan Investor Asing

Konstruksi Media – Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka secara daring acara Investor Daily Summit 2021. Dia berpesan, investasi menjadi kunci utama dalam pemulihan di masa pandemi dan percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, investasi merupakan kunci utama dalam pemulihan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi,” ujar Jokowi, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, peningkatan investasi tidak hanya melirik investor besar dan investor asing. Namun, ungkapnya, investor dari unsur Usaha Mikro, kecil dan menengah pun tetap harus diberdayakan.

Baca Juga:  Jokowi Bersama Erick Thohir, Ganjar Pranowo dan Gibran CFD-an di Solo

Untuk itu,  pihaknya memberikan kemudahan bagi UMKM juga diharapkan dapat menumbuhkan UMKM lokal agar dapat berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan besar untuk menciptakan pemerataan, kemandirian ekonomi, dan mewujudkann pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pemerintah juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi melalui Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2021.

Satgas ini bertugas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha, serta mendorong kerja sama investor besar dengan UMKM.

“Saya ingin menggarisbawahi, investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar. Pemerintah juga memberikan akses setara kepada golongan UMKM dan koperasi. Investor berbasis UMKM dan koperasi sama mulianya dengan investor besar, investor asing,” tutur Jokowi.

Baca Juga:  Bambang Susantono Targetkan Investasi Rp100 Triliun non-APBN Masuk ke IKN

“Sama-sama memberikan kesempatan kerja kepada rakyat Indonesia. Sama-sama berperan memajukan perekonomian bangsa,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengklaim telah melakukan beragam upaya untuk mendatangkan investor di tanah air. 

Salah satunya dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang bertujuan meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha di Indonesia.

Selain itu, pemerintah memberikan perlindungan bagi koperasi dan UMKM serta industri nasional.

“Penyederhanaan perizinan berusaha di pusat dan daerah, penerapan perizinan berusaha berbasis risiko, serta berbagai insentif lainnya diharapkan dapat meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri,” ucap Jokowi.

Kemudian, mulai Juli 2021 sistem online single submission (OSS) berbasis risiko wajib digunakan.

Sistem ini juga menjadi acuan tunggal bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyelenggaraan perizinan berusaha secara elektronik, cepat, dan efisien. ***

Baca Juga:  Special Review, PEFINDO Beri Peringkat Waskita Outstanding

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button