Pelabuhan

Proyek Pelabuhan Kijing Kalbar Tahap I Tuntas 2021

Konstruksi Media – Proyek pembangunan Pelabuhan Terminal Kijing tahap I di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, yang termasuk dalam proyek strategis nasional dipastikan tuntas tahun ini.

Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) Zuhri Iryansyah mengatakan, Pelabuhan Terminal Kijing dibangun di atas lahan seluas hampir 200 hektare di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

“Pelabuhan Kijing ditargetkan mulai beroperasi secara parsial pada tahun 2021 dan beroperasi penuh pada tahun 2024,” ujar Zuhri Iryansyah dikutip dari Antara, Rabu (14/7/2021).

Pelabuhan ini dibangun dalam beberapa zona, yaitu zona kontainer yang ditargetkan memiliki kapasitas 1,95 juta TEUs/tahun, zona curah cair 12,18 juta TEUs/tahun, zona curah kering 15 juta TEUs/tahun, dan zona multipurpose 1 juta TEUs/tahun.

Baca Juga:  Pengamat Sebut Keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung Sudah Tepat

Diakuinya, dalam pembangunan pelabuhan Kijing ini pihaknya menargetkan pembebasan lahan hingga 198,58 hektare. Hingga saat ini, pembebasan lahan sudah mencapai 190,2 hektare. Dengan 5,2 hektare dalam proses relokasi dan 3,1 hektare belum dikuasai.

“Terkait hal tersebut, ada beberapa permasalahan pembebasan lahan. Di antaranya sengketa dengan ahli waris tanah pemakaman warga keturunan Tionghoa dan juga pembebasan lahan terkait tanah aset desa,” katanya.

Zuhri juga menjelaskan rencana proses relokasi jalan nasional menuju ke Pelabuhan Mempawah. Saat ini, rencana relokasi tersebut masuk ke dalam proses apraisal serta pengadaan barang dan jasa.

“Kami berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah agar proses pengadaan tanah tetap didukung. Terima kasih atas support yang telah dilakukan. Saat ini, kami dalam tahap sosialisasi pembebasan lahan,” jelasnya.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta mengatakan dalam rangka menindaklanjuti arahan presiden khususnya dalam bidang logistik nasional, maka pihaknya ingin melihat progres, melakukan pengendalian, dan debottlenecking masalah yang ada.

Baca Juga:  Menhub Sebut Infrastruktur Pelabuhan dan Bandara Tunjang Sektor Perikanan di Biak dan Tual

“Kita ketahui pembangunan pelabuhan dilakukan bertahap, darat dan laut. Sekarang sudah akhir tahap I, sementara tahap II ditargetkan selesai 2024. Kami bilang sudah on the track untuk tahap I. Namun, saat ini butuh perhatian untuk pembebasan lahan,” kata Febry.

Febry menyampaikan bahwa progres pembangunan Pelabuhan Terminal Kijing saat ini telah berada di jalur yang tepat. Sehubungan dengan kemajuan pembangunan yang sudah baik, ia pun optimistis bahwa target operasi parsial pada 2021 dapat tercapai.

“Pengadaan tanah telah mencapai 96 persen dan konstruksi untuk tahap inisial telah mencapai 91 persen,” ujar Febry.

Febry juga meminta Pelindo II berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan ini.

Baca Juga:  Proyek Pelabuhan Patimban Paket 6 Dimulai, Ini Kontraktornya yang akan Mengerjakannya

Ia meminta semua pihak untuk menetapkan tenggat waktu dan bekerja sesuai dengan target tersebut.

“Kalau nanti administrasi sudah selesai tolong dipercepat. Untuk relokasi jalan nasional akan kami bantu koordinasikan dengan lembaga terkait. Pastikan tanggalnya, pastikan kalau seminggu ya seminggu selesai. Tanggal 31 Agustus 2021, kami akan kunjungan ke lapangan untuk memastikan,” kata Febry.

Dia juga menyampaikan pengembangan kawasan dan infrastruktur konektivitas yang terintegrasi merupakan prasyarat utama suksesnya pembangunan yang menghadirkan manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, KSP juga akan mendorong percepatan pembangunan akses menuju Pelabuhan Kijing.

Adapun Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Sukaliman menyampaikan bahwa keberadaan Pelabuhan Kijing akan sangat bermanfaat dalam mendistribusikan komoditas unggul Kalbar di tingkat nasional maupun internasional.

“Komoditas utama Kalimantan Barat adalah CPO, tambang bauksit, dan hasil-hasil perkebunan,” ungkapnya.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button