Perumahan

Saat Pandemi, Ini Primadona Investasi Pada Sektor Properti

Konstruksi Media – Akibat pandemi Covid-19,situasi ekonomi masih belum menentu hingga saat ini. Masyarakat masih berhati-hati memilih instrumen investasi agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam perencanaan keuangan.

Perencana keuangan di Safir Senduk & Rekan, Safir Senduk mengungkapkan, ada dua jenis produk investasi, yaitu investasi pendapatan tetap dan investasi pertumbuhan.

Menurutnya, investasi pendapatan tetap, seperti deposito dan tabungan di bank, cocok dilakukan saat siklus ekonomi sedang mengalami penurunan.

Sementara itu, investasi pertumbuhan seperti saham, reksa dana, valuta asing, emas, cryptocurrency, dan properti, akan memberi keuntungan ketika siklus ekonomi sudah kembali baik.

“Dari semua pilihan investasi tersebut, produk investasi pertumbuhan seperti properti rumah menjadi instrumen investasi yang sangat disarankan di segala kondisi ekonomi, termasuk di masa penurunan
atau pemulihan ekonomi seperti saat ini,” ujar Safir Senduk di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga:  Ada Relaksasi Dari Pemerintah, Perumahan Mewah Ini Bisa Jual 60 Unit Per Minggu

Saat ini, ungkapnya, adalah saat yang tepat untuk membeli properti, apalagi dengan adanya relaksasi PPN dan kebijakan uang muka 0% dari pemerintah serta promo-promo yang diberikan pengembang yang mungkin tidak tersedia saat ekonomi sudah normal.

Properti masih menjadi primadona investasi karena memiliki nilai aset yang terus meningkat tanpa banyak mengalami fluktuasi dan memiliki risiko yang relatif cukup rendah.

Investasi properti dapat memberikan dua keuntungan sekaligus, yaitu pendapatan dari biaya sewa jika pemilik rumah menyewakan huniannya kepada pihak lain, dan keuntungan dari penjualan properti ketika pemilik menjual propertinya saat nilainya meningkat.

Berdasarkan market behavior survey yang disusun oleh Indonesia Properti Watch (IPW) pada September 2020, 68,09% responden tertarik membeli properti di masa pandemi COVID-19 dengan beberapa alasan utama, yaitu harga yang lebih murah, penawaran dan promosi menarik dari
pengembang, serta rencana angsuran yang fleksibel.

Baca Juga:  PUPR Serah Terima 300 Unit Huntap di Pulau Adonara Flores Timur

Bukan hanya itu, pembeli kini juga lebih selektif dalam memilih hunian demi mendapatkan kualitas hidup yang baik dan memiliki nilai rumah yang signifikan di masa depan.

Selain lokasi yang strategis dan desain rumah yang fungsional, pembeli juga
melihat material rumah sebagai poin lain yang patut dipertimbangkan.

Rumah dengan material berkelanjutan (sustainable) dan menawarkan konsep green living saat ini sedang naik daun dan sangat menarik minat pembeli, terutama mereka yang memahami nilai investasi
jangka panjang.

Dengan rancangan cermat yang memperhatikan sistem pencahayaan yang hemat energi, kaca termal, dan perangkat hemat air, memiliki rumah berkonsep sustainaible bisa menekan biaya operasional rumah seperti listrik dan air serta memiliki nilai harga jual yang lebih kompetitif di masa depan.

Salah satunya adalah real estate yang dikembangkan Swancity, Kota Mandiri Masa Depan di Tangerang. Swancity berkomitmen untuk membangun ruang hidup yang berkualitas untuk memastikan kebahagiaan dan perkembangan komunitas yang tinggal di dalam kawasan huniannya.

Baca Juga:  PUPR Minta Pemda Segera Tuntaskan Pembangunan Rusun Bagi Masyarakat

Tidak hanya memiliki lokasi strategis dan desain rumah yang kekinian, Swancity juga termasuk pengembang yang sangat memperhatikan konsep berkelanjutan di dalam pembangunan huniannya.

Terbukti dari keberhasilan Daisan mendapatkan sertifikat EDGE yang dikeluarkan oleh International Finance Corporation (IFC), sebuah lembaga di bawah naungan Bank Dunia. Hal ini menujukkan komitmen Swancity untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, efisien, dan aman bagi penghuninya.

Secara lokasi, Swancity yang berlokasi di Tangerang New City sangat mudah diakses dengan titik strategis yang dikelilingi 3 pintu tol, yaitu tol Balaraja Barat, tol Cikupa, dan tol Serpong – Bandara yang sedang dibangun. Beberapa waktu ke depan, kawasan ini juga akan dilalui jalur MRT Balaraja – Cikarang.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button