Product

Semen Merah Putih Siap Support Pembangunan Berkelanjutan di IKN

Semen Merah Putih WATERSHIELD akan menjadi produk unggulan untuk mendobrak dominasi dan stagnasi pasar di segment semen premium.

Konstruksi MediaSemen Merah Putih mengungkap rencana bisnisnya untuk tahun 2024 di antaranya siap support pembangunan berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada tahun politik ini PT Cemindo Gemilang Tbk berkomitmen untuk mempertahankan pertumbuhan positif seperti tahun 2023 kemarin, melanjutkan inovasi nyata di berbagai lini, serta mengejar capaian usaha.

Tahun 2023 kemarin bisa dibilang menjadi tahun keberhasilan bagi Semen Merah Putih di industri konstruksi, di mana perusahaan berhasil mencatat pertumbuhan positif yang cukup baik di tengah-tengah pertumbuhan pasar relevan sebesar 1,5%.

Commercial and Logistics Director Semen Merah Putih, Surindro Kalbu Adi mengatakan total pasar semen Indonesia pada tahun lalu mengalami kenaikan dari 63,3 juta ton menjadi 64.6 juta ton.

Baca juga: Peran Semen Merah Putih Luncurkan Program Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

“Semen Merah Putih tetap teguh dalam pertumbuhan positif sebesar 2% untuk total semen kantong dan semen curah. Pertumbuhan tersebut didominasi oleh 65% pasar semen kantong, dan lebih dari 80% dari pasar Jawa dan Sumatra. Hal lain yang mendukung adalah jumlah customer turut bertumbuh sebesar 47%,” kata dia dikutip dari rilis pers resmi Semen Merah Putih, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga:  Duta Besar Swiss Sambangi Hunian Pekerja Konstruksi IKN Nusantara

Banyak yang memprediksi tahun 2024 akan menghadirkan ketidakpastian bagi industri dan bisnis, di mana diperkirakan pertumbuhan konsumsi semen domestik diperkirakan hanya 0,7%, atau 1,62% di relevant area.

Namun, Semen Merah Putih optimis dan menyatakan kesiapannya untuk membuka peluang baru di tengah berbagai tantangan yang mungkin terjadi pada tahun ini.

Surindro menyatakan, hal ini sejalan dengan dorongan pemerintah yang terus-menerus memberi keyakinan akan keberlanjutan proyek infrastruktur strategis, seperti proyek konektivitas jalan tol yang bertujuan untuk mewujudkan logistik yang efisien, meningkatkan mobilitas, dan meningkatkan daya saing bangsa.

“Serta berbagai kebijakan pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur berperan penting dalam menghubungkan wilayah dan menjadi katalisator terciptanya kawasan baru, termasuk kawasan administratif Ibu Kota Nusantara (IKN), kawasan industri, kawasan pemukiman (program 1 juta rumah) dan kawasan ekonomi akan menjadi pendorong konsumsi semen nasional yang signifikan,” tuturnya.

Oleh karena didorong dengan keberlanjutan inovasi di setiap aspek proses operasional mulai produk, brand, logistik, distribusi dan digitalisasi layanan, tahun 2024 ini Semen Merah Putih yakin dengan berbagai inovasi nyata yang sudah dan akan dilakukan.

Baca Juga:  Pasok Baja ke Proyek Tol Hingga Bendungan, Kinerja Bhirawa Steel Makin Moncer

Baca juga: Pemerintah Groundbreaking Pembangunan Pabrik Katalis Merah Putih

“Semen Merah Putih akan bertumbuh dua kali dari pertumbuhan pasar. Untuk mendorong pertumbuhan positif ini, kami juga mengharapkan dukungan industri semen untuk dapat bersama-sama mempertahankan kestabilan harga yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti energi cost sampai tekanan persaingan,” ujar Surindro menegaskan.

Dalam merespons kebutuhan pasar yang terus berubah, Semen Merah Putih menegaskan komitmennya terhadap inovasi nyata sebagai kunci untuk memperkuat posisi di industri konstruksi dan infrastruktur. Fokus pada pengembangan produk berkualitas, menguatkan persepsi brand, terus memperluas cakupan ketersediaan produk di wilayah baru, digitalisasi layanan dan optimalisasi infrastruktur logistik, akan menjadi landasan bagi perusahaan ini untuk tetap relevan dan bersaing.

“Inovasi dari sisi proses produksi dan penggunaan energi yang berfokus pada penurunan emisi karbon dan efisiensi energi juga menjadi landasan dalam inovasi nyata yang dilakukan oleh Semen Merah Putih,” katanya.

Baca Juga:  KCIC Dorong 70% Produk Lokal untuk KCJB

Setelah diluncurkan tahun ini, Semen Merah Putih WATERSHIELD akan menjadi produk unggulan untuk mendobrak dominasi dan stagnasi pasar di segment semen premium.

Ia menuturkan, Semen Merah Putih WATERSHIELD masih menjadi satu-satunya di Indonesia dengan teknologi water repellent. Yang akan memberikan nilai tambah perlindungan terhadap rembesan air dan lembab pada bangunan.

Selain itu untuk IKN, Semen Merah Putih siap mensupport tidak hanya produk semen tetapi juga produk turunannya, seperti beton.

Menurut dia, hal ini selaras dengan program pemerintah dalam konsep pembangunan berkelanjutan di IKN. Maka, Semen Merah Putih terus melakukan upaya “greenovation” pada produk dan turunannya guna mengurangi emisi karbon dalam produk semen yang ditawarkan.

Seperti menawarkan portfolio product non-OPC yang lengkap, misal semen hydrolis dan Semen Slag, serta penerapan carbon injection technology pada produk beton dari anak perusahaan Semen Merah Putih.

“Langkah-langkah ini, akan menjadi prioritas utama kami, karena kami yakin bahwa masa depan industri semen adalah semen berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan,” kata Surindro.

Related Articles

Back to top button