Product

Semester I 2021, Hakaaston Produksi 500 Ribu Liter Kimia Konstruksi

Konstruksi Media – Direktur Produksi dan Pemasaran PT Hakaaston (HKA), M. Alfin Zaini mengungkapkan, pihaknya telah memproduksi kimia konstruksi sebanyak 500 ribu liter hingga semester I 2021.

Dengan produksi sebanyak ini, ungkap Alfin, Hakaaston memperoleh pendapatan 50% dari target RKAP yang ditetapkan.

“HKA sudah mensuplai sebanyak 400 ribu liter ke beberapa proyek yang sedang digarap seperti proyek Bendungan Leuwikeris, proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Pabrik Precast HKA, dan Pabrik Spun Pil,” ujar Alfin dalam keterangan tertulis, Kamis (26/8/2021).

Hakaaston merupakan anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang bergerak dalam industri manufaktur membangun unit produksi baru chemical construction.

Baca Juga:  Sukses Membangun Tol Indralaya-Prabumulih, Hutama Karya Ungkap Metode dan Teknologi yang Dipakai

Saat ini, pihaknya tengah mengembangkan pabrik baru Hakaaston yang berdiri di atas lahan seluas 7.695 meter persegi di Jalan Narogong KM.13, Bantargebang, Kota Bekasi tersebut.

“Pabrik ini didirikan sejak 1994 dan mulai diakuisisi oleh Hutama Karya pada tahun 2010 dengan nama entitas Hakapole. Lalu, di tahun 2020 mulai kita aktifkan kembali pabrik ini untuk mendukung operasional kegiatan produksi Hakaaston,” katanya.

Dia menegaskan, Hakaaston telah menghasilkan produk kimia konstruksi terbaik dalam memenuhi kebutuhan proyek seperti pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Indralaya – Prabumulih, baik dengan menggunakan produk HAKA SOIL maupun HAKA FAST.

HAKASOIL merupakan salah satu produk inovasi aditif kimia yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas tanah sub-base sebelum dilakukan pekerjaan lapisan perkerasan selanjutnya.

Baca Juga:  Kolaborasi dengan Universitas Pancasila, Hakaaston Inovasikan Produk Material Konstruksi

Dengan menggunakan HAKASOIL, kata dia, nilai persentase CBR (California bearing ratio) tanah akan meningkat, mencegah intrusi air antar lapisan, dan memperbaiki kualitas jalan sehingga minim terjadi kerusakan.

Selain itu, keunggulan dari produk HAKASOIL adalah berkurangnya volume penggunaan material sub-base tanah serta efisiensi waktu karena pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat.

“HAKASOIL dapat dengan efektif diaplikasikan pada daerah yang sulit dijangkau oleh alat berat, dengan metode aplikasi yang sederhana, pengaplikasian dapat dilakukan secara swakelola oleh masyarakat sekitar. Kami berharap dengan adanya unit produksi baru ini dapat meningkatkan nilai inovasi yang berdampak langsung kepada masyarakat sekitar,” imbuh Alfin.

Selain HAKASOIL, unit pabrik baru ini juga memproduksi concrete additive yakni HAKAFAST. Alfin mengulas produk ini adalah aditif beton yang dapat meningkatkan kekuatan tekan awal tinggi dengan kecepatan aliran tinggi pada beton, meningkatkan kekuatan tekan tinggi dengan kecepatan aliran yang dapat diatur pada beton, meningkatkan kekuatan tekan awal tinggi dengan kecepatan aliran rendah pada beton, serta meningkatkan kekuatan tekan dan kemudahan pengerjaan pada beton.

Baca Juga:  ADHI Persada Gedung dan KRYA Kolaborasi Fabrikasi MOBOX Senilai Rp3 Miliar

Produk HAKA FAST, urai Alfin, memiliki beberapa seri produk yang dapat diaplikasikan untuk beton rigid, beton pracetak kecil hingga besar, dan pracetak khusus.

Produk lainnya yang diproduksi di pabrik Chemical Construction adalah HAKA-RETARDER yang berfungsi sebagai campuran aditif untuk memperlambat waktu pengerasan, sehingga memungkinkan truck mixer mengirim beton siap pakai pada jarak tempuh yang jauh.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button