Jalan

Tol Trans Sumatera Disebut Dongkrak Ekonomi & Pariwisata di Lampung

Konstruksi Media – Manfaat jalan tol tidak hanya sebagai sarana infrastruktur guna mengakselerasi moda angkutan darat. Namun, tol diyakini juga membantu menumbuhkan sektor ekonomi dan pariwisata di daerah yang terlintasi. Seperti halnya di Lampung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan Rini Ariasih mengatakan, Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS sangat memberikan dampak dan manfaat positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di daerah setempat.

“JTTS ini sangat membantu, selain bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat meningkatkan potensi kunjungan ke sejumlah objek wisata di Lampung Selatan,” kata Rini dalam keterangannya di Kalianda, Selasa, (15/6/2021).

Baca Juga:  Waskita Toll Road Targetkan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Tuntas Tahun 2023

Lebih lanjut Rini mengungkapkan, keberadaan jalan tol ini sangat membantu untuk mempromosikan potensi pariwisata Lampung Selatan, karena bukan hanya dari wilayah Provinsi Lampung saja, tetapi, lanjut Rini, dari luar Lampung seperti Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan lainnya bisa berkunjung untuk menikmati liburan bersama keluarga di tempat-tempat wisata yang ada di Lampung Selatan.

Menurutnya, beberapa objek wisata yang bisa dinikmati di Lampung Selatan antara lain wisata pantai, air belerang, pegunungan, air terjun, dan masih banyak lagi. Bahkan, lanjutnya, ada yang sudah terintegrasi dengan pelabuhan kecil untuk penyeberangan para penikmat pantai yang akan mengelilingi pulau-pulau kecil yang ada.

Para wisatawan juga bisa menikmati beberapa produk unggulan yang ada, seperti kopi, dan gula semut jahe asli yang diproduksi oleh masyarakat, sebagai salah satu minuman khas dari daerah ini.

Baca Juga:  Prospek Bisnis WTR, Perkuat Keuangan Waskita Karya

“Sebagai wilayah yang letaknya di ujung Pulau Sumatera, Lampung Selatan sangat diuntungkan sekali, karena menjadi perlintasan kendaraan dari dan ke Pulau Jawa. Ini yang harus benar-benar kita manfaatkan,untuk bisa terus melakukan sosialisasi potensi wisata Lampung Selatan kepada pengguna jalan,” jelasnya.

Ia menjelaskan Dinas Pariwisata tidak pernah lelah untuk bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke Lampung Selatan.

Bahkan promosi melalui selebaran informasi dan brosur sudah tersedia di tempat yang strategis seperti di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Bandara Radin Inten II Lampung Selatan dan tempat-tempat umum lainnya. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button