Pelabuhan

Unpad: Sudah Saatnya Jabar Punya Pelabuhan Sendiri

Konstruksi Media – Jawa Barat merupakan satu dari tiga provinsi dengan ekspor terbesar di Indonesia. Karena itu, penguatan infrastruktur di Jabar perlu dioptimalkan. Hal tersebut dibahas dalam diskusi virtual ‘Road to West Java Infrastructure Summit Infrastructure Forum’ Universitas Padjadjaran Bandung pada Sabtu (14/8) kemarin.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Ina Primiana, M.T., memaparkan, Saat ini ekspor dari Jabar masih dilakukan di Tanjung Priok atau (bandara) Soekarno Hatta. Supaya bisa menekan cost, kata Ina, Jabar harus punya pelabuhan sendiri.

Baca Juga:  Era Serba Teknologi, Unpad Gelar Kompetisi National Hackathon & Collaboraction 2021

Berdasarkan kajian yang dilakukan Ina, infrastruktur jalur logistik di Jabar saat ini masih berfokus ke wilayah barat. Ia menyebutkan, pengembangan infrastruktur jalur logistik, khususnya di wilayah timur, bisa menjadi solusi untuk menekan biaya logistik.

“Wilayah timur sudah memiliki kelengkapan infrastruktur. Beberapa di antaranya rencana pembangunan pelabuhan Patimban, pengembangan pelabuhan Cirebon, hingga beroperasinya bandara Kertajati. Hal ini bisa menjadi modal bagi Jabar untuk menarik investasi baru,” ujar Ina dalam keterangan yang diterima di Jakarat, Senin (16/8/2021).

Ina menuturkan, selain wilayah Jabar timur, wilayah yang potensial untuk diperkuat infrastrukturnya adalah Jabar selatan. Wilayah Jabar selatan bisa dioptimalkan sebagai kawasan industri agro atau komoditas. Sementara wilayah timur bisa disentralkan sebagai kawasan industri berat.

Baca Juga:  Bantu Tangani Pandemi Covid-19, Unpad Terima Hibah 300 Unit Mesin PCR

“Dengan keunggulan Jabar, industri maupun komoditas, perlu dibangun infrastruktur logistik terintegrasi, guna menekan cost logistik,” katanya.

Selain infrastruktur, Ina bergarap regulasi terkait itu tidak berubah-ubah. Regulasi yang konsisten akan mampu mendorong Jabar timur dan Jabar selatan bisa melengkapi Jabar wilayah barat.

Diskusi ini digelar atas kerja sama Pusat Unggulan BUMN Center of Excellence Unpad dengan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat. Acara juga menghadirkan pembicara kunci Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button