Bandara

Semakin Luas dan Cantik, Bandara Pattimura Sabet Penghargaan ACI

Konstruksi Media – General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Pribadi Maulana mengakui, pihaknya telah berhasil menyabet penghargaan Airport Council International (ACI).

Bahkan, nilai pelayanan bandara Airport Service Quality (ASQ) tahun 2021 ini naik dengan skor 4,89 dari skor triwulan sebelumnya 4,65.

Penilaian ini membawa Bandara Pattimura  masuk peringkat ketiga di kawasan Asia Pasifik untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun. Pada triwulan pertama tahun 2021 (Januari – Maret 2021), Bandara Pattimura menempati peringkat delapan di kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga:  Modernisasi Sistem, AP II Gandeng AirNav Indonesia Hadrikan Pocket ACDM

“Penghargaan ini melengkapi pencapaian Bandara Pattimura Ambon yang baru saja menampilkan wajah baru setelah pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang rampung,” ujar Pribadi Maulana dalam keterangannya, Senin (16/8/2021).

Menurutnya, dalam pengembangan itu, Bandara Pattimura telah menambah total luas terminal menjadi 16.090 meter persegi dari sebelumnya seluas 10.270 meter persegi.

Dengan total luas tersebut, katanya, terjadi penambahan kapasitas terminal penumpang yang saat ini dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang per tahun dari sebelumnya 860 ribu penumpang per tahun.

“Selain itu, terdapat penambahan 60 ruang usaha baru menjadi 90 ruang usaha dan penambahan satu ruang tunggu atau gate yang dilengkapi garbarata,” katanya.

Dikatakan Pribadi, beautifikasi dan perluasan terminal penumpang ini mempertegas posisi Bandara Pattimura sebagai leisure airport.

Baca Juga:  Habiskan Dana Rp580 Miliar, Bandara Tebelian Diresmikan

Dia mengaku bangga atas prestasi Bandara Pattimura yang masuk peringkat ketiga di kawasan Asia Pasifik untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 Juta penumpang per tahun.

Keberhasilan tersebut merupakan wujud dari komitmen dan upaya PT Angkasa Pura I (Persero) untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna Bandara Pattimura Ambon.

“Selanjutnya, PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam mengoperasikan Bandara Pattimura Ambon sehingga peringkat tersebut dapat ditingkatkan,” tandasnya. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button