Electricity

Jadi Perusahaan 3 Besar di Asia, Ini Strategi PLN

Konstruksi Media – Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengatakan, pihaknya proses Transformasi PLN menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Dari sisi pendapatan, PLN tetap berhasil berada pada 3 besar Pendapatan Perusahaan Listrik Asia berdasarkan Laporan Keuangan Perusahaan per 31 Desember 2020. Kinerja positif ini berlanjut, PLN mencetak laba bersih Rp 6,6 triliun pada semester I 2021.

Bahkan, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan PLN sebagai perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara.

“Untuk mencapai visi tersebut, PLN sudah merumuskan 4 strategic goal sebagai Aspirasi PLN 2024, yakni Green, Innovative, Lean, dan Costumer Focused,” ujar Zulkifli Zaini dalam keterangan tertulis yang dikutip, Jum’at (30/7/2021).

Baca Juga:  Resmi Dikelola Pertamina, Ini Strategi PLN Pasok Listrik dan Uap ke Blok Rokan

Melalui pilar Green, PLN mengoptimalkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan Cofiring PLTU, Konversi PLTD, dan Renewable Energy Certificate (REC). Terkait Innovative, PLN berkomitmen untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik dan meluncurkan layanan ICONNET sebagai fixed broadband internet.

Sementara melalui pilar Lean, PLN menjadikan tiap proses bisnis dan operasi lebih gesit, lincah dan efisien. Dengan pilar Customer Focused, PLN juga telah meluncurkan kembali super App New PLN Mobile dan layanan instalasi kelistrikan bertajuk ListriQu.

“Saya percaya bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Semangat perubahan yang dijalankan PLN saat ini sudah menunjukkan hasil menggembirakan,” katanya.
 
“Tentunya, hal ini semua juga tidak terlepas dari peran keluarga besar PLN Group, tetapi dalam arti kecil juga merupakan kontribusi dari keluarga kita masing-masing yang selalu setia mendampingi kita,” tambahnya.
 
Selain itu, dalam peringkat getting electricity, PLN tetap bisa menjaga peringkat di posisi 33. Keberadaan New PLN Mobile yang diluncurkan pada 2020 menjadi andalan PLN dalam mempertahankan kualitas layanannya kepada pelanggan.
 
“Dengan segala kemudahan melalui New PLN Mobile dan semakin meluasnya user, maka PLN yakin mampu mencapai peringkat ke 20 pada 2024 sesuai aspirasi Transformasi,” tegasnya.
 
Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi menuturkan, peran PLN sebagaimana BUMN lain demikian penting, sebagai penopang dan lokomotif ekonomi bangsa, juga agen pembangunan.

Baca Juga:  Jarang Terekspos, Ini Kiprah PT GCL Indo Tenaga

Untuk itu, Ia mengapresiasi peran luar biasa keluarga besar PLN Group dalam mendukung transformasi PLN.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia Syofvi Felienty Roekman menyampaikan, dengan core values AKHLAK, PLN mengagendakan Program PLN 123 oleh seluruh divisi dan unit serta anak perusahaan sebagai langkah penguatan budaya.
 
Sebagai bentuk apresiasi jajaran direksi pada perjalanan periode pertama penguatan budaya, pada Agustus 2021 ini PLN akan melaksanakan kegiatan Festival Budaya.

“Acara puncak festival budaya akan dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2021,” pungkas Syofvi.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button