Product

Semen Indonesia Luncurkan Produk Baru ‘Mortar Indonesia’, Ini Variannya

Konstruksi Media – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usaha, PT Mitra Kiara Indonesia (MKI) meluncurkan produk baru ‘Mortar Indonesia’. Produk ini digadang-gadang menjadi penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengapresiasi kehadiran produk BUMN itu.  Dalam sambutannya, Erick Thohir mengatakan bahwa ia meyakini produk mortar dari SIG akan menjadi produk kebanggaan Indonesia.

“Ini bukan hanya sekadar peluncuran produk, tapi merupakan salah satu wujud inovasi dan transformasi SIG untuk menjadi BUMN berkelas dunia dan berwawasan masa depan” ujar Erick Thohir.

Terlebih, katanya, saat ini telah ada marketplace yakni Sobat Bangun dan AksesToko untuk memasarkan produk itu sebagai salah satu langkah transformasi digital untuk menangkap peluang di masa dan pasca pandemi.

“Saya mengapresiasi langkah transformasi SIG yang kini lebih dari sekadar produsen semen. ‘Go Beyond Next’, sebuah spirit yang sejalan dengan program transformasi BUMN, selamat atas pencapaian ini untuk menjadi solusi penyedia bahan bangunan terbesar di Regional,” katanya.

Mortar Indonesia memiliki 5 varian produk antara lain.

Mortar Indonesia Perekat Bata Ringan (D-1) sebagai perekat untuk aplikasi bata ringanMortar Indonesia Perekat Bata & Plester (D-2) sebagai perekat bata dan plester dindingMortar Indonesia Acian Plester & Beton (D-3) sebagai acian pada permukaan plester dan beton, baik interior maupun eksteriorMortar Indonesia Perekat Keramik (K-1) sebagai perekat keramik pada dinding dan lantaiMortar Indonesia Perekat Granit (K-2) sebagai perekat granit (homogenous tile), keramik maupun batu alam pada dinding dan lantai.

Baca Juga:  Farrindo Bawa HEPA Filter 'Best Seller' ke JIExpo

Kelima produk Mortar Indonesia diformulasikan dengan komposisi campuran semen, pasir, dan bahan pilihan yang tercampur secara homogen. Sehingga, produk ini dapat menghasilkan aplikasi yang lebih maksimal dengan kualitas terbaik.

Mortar Indonesia juga dikembangkan dengan teknologi terbaru untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Berbeda dengan produk mortar lainnya, Mortar Indonesia menerapkan sistem Integrated Comprehensive Process dari hulu hingga hilir. Adapun keseluruhan proses produksi, mulai dari pemilihan material hingga pengantongan mortar akan melalui serangkaian quality control yang menyeluruh.

Pemilihan teknologi terkini dalam industri mortar juga menjadi salah satu faktor yang membedakan kualitas Mortar Indonesia dengan produk mortar lainnya. Terutama, dengan adanya teknologi limesand processing yang didukung oleh pemilihan bahan-bahan baku terpercaya dari unit SIG lainnya.

Teknologi ini akan dapat menghasilkan produk yang lebih terjamin kualitasnya. Tak hanya itu, Mortar Indonesia juga memiliki nilai tambah dengan terjaminnya pasokan bahan baku yang didukung oleh jaringan supply chain management SIG yang terbentuk kokoh. Jaminan ini dapat memenuhi kebutuhan pasar dari segi kuantitas dan kualitas.

Baca Juga:  WSBP Penuhi Kebutuhan Beton Precast Proyek Tol Trans Sumatera

Untuk memastikan jaminan ketersediaan produk, mutu, dan kualitas, PT Mitra Kiara Indonesia (MKI) memiliki pabrik terbesar ketiga se-Indonesia dengan kapasitas produksi 375 ribu ton mortar per tahun. Pabrik MKI yang berada dalam satu kawasan dengan Pabrik SIG ini dibangun di atas lahan seluas dua hektare dan menjadi pabrik pertama di Indonesia dengan konsep usaha terintegrasi antar bahan baku mortar.

Tak hanya itu, Pabrik PT Mitra Kiara Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas Research & Development Center (R&D) seluas 400m2. R&D Centre ini dilengkapi dengan sarana serta prasarana yang mutakhir guna mewujudkan pencapaian pertumbuhan industri bahan bangunan turunan semen di masa depan.

Saat ini Mortar Indonesia sudah tersedia di beberapa wilayah berkat dukungan jaringan distributor SIG yang besar. Cakupan wilayahnya meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta akan menyusul juga di wilayah Medan, Lampung, dan Makassar.

Direktur Utama PT Mitra Kiara Indonesia, Mirza Whibowo Soenarto mengatakan bahwa mortar merupakan produk masa depan yang menuntut pengembangan secara kontinu. Sebab menurutnya, teknologi maupun kebutuhan akan mortar masih terus berkembang. Hal ini juga tercermin dari pengembangan Stock Keeping Unit(SKU)/produk yang terus muncul di pasar.

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan Pelanggan, Produsen Cat SEIV Terus Berinovasi

“Mortar Indonesia memberikan added valueyang besar serta menempatkan SIG dalam posisi yang kuat pada bisnis mortar di Indonesia yang kemudian akan meningkatkan diversifikasi produk, strategi, inovasi serta mendukung visi besar SIG untuk menjadi Perusahaan Penyedia Solusi Bahan

Bangunan Terbesar di Regional dengan keberanian untuk bertindak beda dan selalu melebihi jangkauan (Go Beyond Next),” jelas Mirza Whibowo Soenarto.

Sementara itu, Direktur Marketing & Supply Chain SIG, Adi Munandir menyampaikan peluncuran Mortar Indonesia merupakan sebuah pengembangan strategis dari Transformasi SIG. Ia mengaku transformasi ini mengedepankan inovasi pada proses produksi, portofolio produk, serta proses bisnis.

Objektif utama dari pengembang strategis ini ialah transformasi teknologi konstruksi yang menggantikan metode konstruksi konvensional dengan metode konstruksi modern. Untuk itu, Mortar Indonesia menjadi salah salah produk yang menjawab tantangan transformasi tersebut guna memenuhi kebutuhan konstruksi yang lebih cepat, ringan dan efisien.

“Di Indonesia, 5% metode konvensional on-site mix mortar telah tergantikan dengan metode modern pre-mix mortar yang terkonsentrasi di Pulau Jawa sekitar 73%. Hal ini membuka peluang besar untuk mentransformasi konstruksi nasional sebagai bentuk komitmen inovasi SIG”, terangnya. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button