AdvertorialEVENT

HUT ke-4 P3SM Dikomentari Sejumlah Tokoh

P3SM diharapkan bisa menjadi role model bagi sektor bisnis lainnya dalam upaya meningkatkan kompetensi SDM.

Konstruksi Media, Jakarta – Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM) genap berusia 4 tahun pada 16 Maret 2024 lalu. Meski terbilang masih balita, toh kiprah P3SM dalam membangun SDM yang kompeten di bidang konstruksi, pemeriksaan dan pengujian (riksa uji) peralatan, sertifikasi badan usaha, dan sertifikasi lainnya, patut diacungi jempol.

Selama berkiprah, sudah banyak tenaga kerja konstruksi (TKK) yang disertifikasi. Begitu pula dengan badan usaha, peralatan, dan masih banyak lagi.

Tak pelak, sejumlah pihak turut mengomentari kiprah P3SM dalam rangka hari jadinya yang ke-4. Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Ir Taufik Widjoyono, MSc misalnya, menyampaikan apresiasinya atas kiprah P3SM selama ini.

Ir Taufik Widjoyono, MSc

“Kami menyampaikan apresiasi atas kontribusi yang telah diberikan P3SM untuk kemajuan  jasa konstruksi dan harapan untuk melanjutkan dan meningkatkan upaya mewujudkan SDM konstruksi yang kompeten dan menjunjung integritas profesi,” kata Taufik Widjoyono.

Apresiasi serupa juga disampaikan Dr Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin, SE, MSi. Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR ini mengapresiasi setinggi-tingginya atas kiprah P3SM selama 4 tahun ini dalam upaya meningkatkan SDM konstruksi di Indonesia.

Dr Dedy Natrifahrizal Dedisky Nazaroeddin, SE, MSi

“Selamat dan sukses untuk P3SM atas hari jadinya yang ke-4. Terimakasih atas kerjasama yang baik dalam mendukung sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Indonesia, sebagaimana amanat UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Kami mengapresiasi setinggi-tingginya bahwa selama 4 (empat) tahun terakhir, P3SM telah mendedikasikan energi dan sumberdaya yang dimiliki untuk mendukung Kementerian PUPR melalui layanan sertifikasi badan usaha, tenaga ahli, serta peralatan konstruksi. Semoga kolaborasi ini senantiasa terus berlanjut. Salam sigap membangun negeri!” kata Deddy Natrifahrizal.

Baca Juga:  Garuda Indonesia Gelar GATF di Tiga Kota Besar di Indonesia

Komentar pun mengalir dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Melalui Ir Erni Basri, ST, MEng, IPM, ASEAN Eng, QRMP, Kepala Pusat Kebijakan Sarana Transportasi Badan Kebijakan Transportasi, Direktorat Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub disampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk berbagi ilmu kepada para peserta P3SM. 

Ir Erni Basri, ST, MEng, IPM, ASEAN Eng, QRMP

“P3SM selalu bersinergi memberikan edukasi kepada anggotanya dan sekaligus bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan informasi perkembangan ilmu teknis konstruksi dan praktisi lapangan dari professional yang ada instansi pemerintahah dan non-pemerintah terkait. Kompetensi terus didorong untuk lebih adaptif sesuai perkembangan zaman,” katanya.

Komentar juga datang dari kalangan swasta. “Kami mengucapkan selamat dan sukses, semoga dengan bertambahnya usia ini, P3SM semakin membuat insan konstruksi dan badan usaha jasa konstruski serta stakeholder terkait, semakin 5K : kompeten, kompetitif,  konstruktif, kolaboratif dan konsisten dalam memajukan sektor konstruksi sebagai keunggulan daya saing nasional di kancah regional dan global,” kata  Subkhan, ST, MPSDA, IPM, Direktur Utama PT Waskita Transjawa Toll Road dan Ketua Umum Forum QHSE  BUMN Konstruksi.

Subkhan, ST, MPSDA, IPM

Kaum akademisi pun tak mau ketinggalan. “Keberadaan P3SM memberikan warna tersendiri untuk urusan peningkatan kompetensi, khususnya sektor konstruksi, melalui berbagai seminar, pelatihan, pembekalan dan sertifikasi yang telah berjalan, memberikan bukti nyata bahwa P3SM beserta jaringan asosiasi-nya sangat sungguh-sungguh ingin berkontribusi dalam upaya peningkatan kompetensi pelaku jasa konstruksi.  Kolaborasi dan semangat kemitraan yang dibangun dengan kalangan kampus juga layak diapresiasi. Selamat Ulang Tahun ke-4 untuk P3SM,” kata Dr Idi Namara, ST, MT, Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Tanri Abeng University (TAU).

Dr Idi Namara, ST, MT

Nada serupa juga mengalir dari Prof Dr Ir Erniati, ST, MT, IPM. Dekan Fakultas Teknik sekaligus Guru Besar Teknik Sipil Universitas Fajar ini mengucapkan selamat atas hari jadi P3SM yang ke-4.

Baca Juga:  Antusiasme CAFEO 41 di Bali, Bupati Jember Hendy Siswanto Turut Serta Dalam AFEO Golf

“Selamat MILAD yang ke-4 kepada Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM). Semoga setiap tahun membawa kesuksesan yang lebih besar, pencapaian yang gemilang, dan kesempatan yang tak terhingga untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi yang berarti dalam dalam mengembangkan kemampuan usaha dan kompetensinya terutama dalam memenuhi kebutuhan Pembinaan dan Pelatihan Kompetensi Kerja, Sertifikasi Badan Usaha, Sertifikasi Kompetensi, Pengujian dan Layanan Jasa Lainnya yang dilakukan tenaga ahli yang kompeten dan profesional serta memberikan pelayanan yang akurat, efektif, efisien dan sistematis dengan menggunakan teknologi informasi terkini,” katanya.

Prof Dr Ir Erniati, ST, MT, IPM

Sementara Ir Insannul Kamil, MEng, PhD, IPU, ASEAN Eng, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang PUPR dan Infrastruktur, berharap P3SM bisa menjadi role model bagi sektor bisnis lainnya dalam upaya meningkatkan kompetensi SDM.

Baca Juga:  Gunung Raja Paksi-SMS Group Dorong Perkembangan Industri Baja Berkelanjutan
Ir Insannul Kamil, MEng, PhD, IPU, ASEAN Eng

“Eksistensi P3SM dalam memperkuat kapasitas dan kapabilitas SDM sektor industri konstruksi nasional telah memberikan bukti. Kami harapkan dapat dijadikan role model untuk peningkatan kualitas SDM bagi sektor bisnis lainnya yang akan memberikan dampak terhadap kemajuan dan peningkatan ekonomi bangsa berbasis SDM unggul, kompeten dan profesional. KADIN Indonesia Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Infrastruktur sangat mengapresiasi segala upaya transformasi, adaptasi teknologi dan digitalisasi yang telah dilakukan P3SM. Selamat ulang tahun P3SM yang ke-empat,” kata Insannul Kamil. (Hasanuddin)

Related Articles

Back to top button