Kawasan

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Tahap 1 Hampir Rampung

Konstruksi Media – Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat hampir rampung. Hingga pertengahan Juni 2021, progres revitalisasi TIM telah mencapai 88,6 persen.

Dikutip dari akun Instagram PT Jakarta Propertindo, revitalisasi TIM tahap I pada Minggu ke-99 telah tuntas 100 % untuk Gedung Parkir Taman dan Mesjid Amir Hamzah. Sedangkan untuk gedung perpustakaan dan wisma seni baru mencapai 83,74 persen.

“Hingga minggu ke 99, pada tahap 1 progres yang masih berjalan yakni pembangunan gedung Perpustakaan dan Wisma Seni 83,74%. Sedangkan Gedung Parkir Taman dan Mesjid Amir Hadiah sudah selesai 100%,” tulis akun PT Jakarta Propertindo, Senin (14/6/2021).

Baca Juga:  Tuntas Agustus, Proyek Kereta Cepat Seksi 4 Sudah 95 Persen

Proyek yang terbagi dua tahap ini, nantinya akan menjadikan Taman Ismail Marzuki sebagai pusat edukasi seni yang modern dan berkelanjutan.

Dengan tata ruang yang menambah ruang terbuka hijau ini, semakin menjadikan Taman Ismail Marzuki lebih nyaman dan asri,  menjadikan TIM sebagai ruang ketiga, ruang untuk berinteraksi dan berkegiatan seni, di kota Jakarta.

Sebelumnya, dalam akun Instagram Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, sebuah video menyayangkan progres pembangunan revitalisasi TIM dibagi menjadi 2 tahap. Tahap 1 sudah mencapai 86,8%, sedangkan tahap 2 mencapai 10,16%.

Pembangunan tahap 1 meliputi gedung parkir taman yang pembangunannya sudah selesai, tapi belum dibuka untuk umum karena meminimalisasi kerumunan di masa pandemi.

Baca Juga:  Wijaya Karya Siapkan Rp555 Miliar untuk Jalan Tol Semarang-Demak

Dalam video itu juga disebutkan, sesuai dengan namanya, gedung ini sejatinya lahan parkir. Di atasnya, terdapat taman yang membuatnya semakin estetik. Tertulis dalam keterangan video bahwa pembangunan gedung parkir taman sudah 100 persen.

Sementara, pembangunan Gedung Panjang untuk Perpustakaan Daerah, Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB. Jassin, Galeri Seni, dan Wisma Seni sudah 81,28 persen. Lalu, Masjid Amir Hamzah yang berada dalam TIM telah rampung pembangunannya dan sudah dibuka untuk umum.

Untuk tahap kedua, progres keseluruhannya baru mencapai 10,16 persen. Pembangunan Planetarium dan Pusat Pelatihan Seni misalnya baru 2,13 persen.

Pembangunan Graha Bakti Budaya baru mencapai 14,80 persen. Sementara, Teater Halaman pembangunannya baru mencapai 0,36 persen.

Baca Juga:  WIKA Tangkap Tender Proyek IKN Nusantara Sebesar Rp9 Triliun

Berikutnya tentang pembangunan Galeri Annex yang sudah mencapai 23,71 persen. Semuanya dibangun dengan desain modern, tertata, dan lebih rapi.

“Dengan desain yang modern, tertata dan lebih rapi, Taman Ismail Marzuki perlu kita jaga bersama. Untuk Jakarta yang lebih maju dan berbudaya,” tulis akun tersebut. ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button