EVENTKorporasi

Singkirkan 100 Ribu Perusahaan, Pertamina Raih Penghargaan Internasional

Konstruksi Media – Salah satu inovasi Pertamina Hulu Energi (PHE) kembali menerima penghargaan internasional, Special Achievement In GIS (SAG) Award Global 2021 dari pengembang teknologi spasial Esri.

PHE dengan 3 pilar utama,  yakni Innovative, Improvement, and Digital transformation breakthrough, telah menciptakan inovasi XD World Pertamina Hulu Energi (PHE).

“Dengan adanya XD World tersebut akan mempermudah manajemen Subholding Upstream untuk mengakses informasi terkait potensi eksplorasi subsurface yang ada di masing-masing Regional,” ujar Direktur Eksplorasi PHE, Medy Kurniawan, dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/7/2021).

XD World itu, ungkapnya, memberikan keuntungan dalam memaksimalkan asset valuation serta dapat memberikan gambaran rencana strategis eksplorasi pada asset PHE sesuai dengan kebutuhan dan mempercepat strategi pengembangan dari undeveloped discovery menjadi lapangan.

Esri sendiri merupakan perusahaan pengembang Geographic Information System (GIS) dengan teknologi ArcGIS. XD World PHE menjadi salah satu yang terpilih untuk menerima penghargaan tersebut dari 100,000 organisasi seluruh dunia yang dinominasikan pada event Esri User Conference San Diego 2021.

Baca Juga:  The HUD Institute Gelar Wicara Hari Tata Ruang Nasional 2022

PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina mengelola bisnis dan operasional kegiatan usaha hulu di lingkungan Pertamina dan anak perusahaan di Indonesia maupun di luar negeri saat ini berhadapan dengan gigantik data asset (complexity of the asset & large spectrum data) serta memiliki mobilitas bisnis yang tinggi.

Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi PHE untuk dapat mengakses dan mengintergrasikan jenis data satu dengan lainnya.  Selain tantangan dalam pengelolaan data, asset integrity menjadi sebuah issue penting yang harus diperhatikan agar dapat mendukung terjadinya produksi yang berkelanjutan dan pelaksanaan operasi yang sesuai dengan kaidah keselamatan kerja dan lingkungan.

Kondisi seperti ini menuntut disruption technology bagi PHE, dan dibutuhkan terobosan untuk menjawab tantangan tersebut dan mendukung terwujudnya PHE sebagai menjadi World Class Company serta mendukung proses Digital Transformasi yang sedang digalakkan.

Sebagai salah satu program inovasi unggulan yang telah dirintis dari Tahun 2018, kolaborasi antara beberapa fungsi, yaitu Exploration, Production, IT, HSSE dan Upstream Innovation, PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina berhasil dalam membuat platform digital XD World PHE (eXplore Digital World PHE) sebagai platform spatial bersama.

Baca Juga:  KAI Group Raih Medali Emas dalam gelaran ASEAN Skills Competition XIII

Platform ini ditargetkan agar dapat menampilkan informasi keseluruhan asset PHE baik itu terkait surface maupun sub-surface, performa asset, kegiatan operasi, perencanaan dan realisasi program yang semuanya ditujukan agar proses evaluasi dan pengambil keputusan dapat dilakukan secara cepat, tepat dan akurat.

Direktur Pengembangan & Produksi PHE, Taufik Aditiyawarman mengungkapkan, fungsi XD World yang sangat membantu dalam pencapaian target dan keberlanjutan produksi.

Menurutnya, Aplikasi berbasis web‐based dan Geo‐spatial sangat dibutuhkan untuk mengetahui informasi data produksi, dan visualisasi fasilitas produksi terkait dengan lokasi, jumlah, dan status aset.

“Serta  sebagai decision support system dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi aktual tersebarnya Asset PHE mulai dari Ujung Barat Aceh sampai Ujung Timur Papua, dan overseas. Hal ini untuk mendukung pencapaian target dan keberlanjutan produksi dengan fokus pada kaidah operation excellence, safe & reliable serta environment,” tambah Taufik.

Baca Juga:  Satgas Rafi 2022, Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG

XD World PHE sekaligus mewakili Indonesia dalam bidang industri minyak dan gas sebagai penerima award ini dan hal ini merupakan bentuk penghargaan atas kerja keras dari seluruh insan Pertamina yang terlibat untuk mendorong digitalization process di PHE.

Tahun sebelumnya, XD World PHE juga telah berhasil meraih juara pertama pada katagori Esri Indonesia Oil and Gas Customer Experience 2018, juara ketiga pada People Choice Award Esri User Conference San Diego 2019, Esri Indonesia Innovation Award 2019 dan Special Achievement Award PHE 2019.

Selain terpilih dan berhasil dalam berbagai kompetisi, XD World juga mendapatkan kepercayaan untuk melakukan exposure dalam forum nasional maupun internasional, salah satunya forum Abu Dhabi International Petroleum Exhibition & Conference (ADIPEC) 2019.

XD World PHE akan terus berinovasi dan berkembang selaras dengan perubahan zaman dan teknologi sebagai massive project yang memiliki high value bagi Pertamina dan Indonesia.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button