Oil & Gas

Suplai Gas Ke KIT Batang dan Kendal, PGN Lakukan Sinergi Utilisasi Infrastruktur

Konstruksi Media – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas dan bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) terus mendukung akselerasi investasi di kawasan ekonomi baru, salah satunya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan Pokok-pokok Perjanjian dengan Kawasan Industri Terpadu Batang dan Kawasan Industri Kendal.

Pada kerjasama ini, ungkapnya, PGN akan menyediakan pasokan gas dan infrastruktur pendukungnya di KI Kendal dengan kebutuhan gas sekitar 37 BBTUD dan KIT Batang sekitar 10 BBTUD.

Baca Juga:  PUPR Tingkatkan Pengolahan Air Limbah di KIT Batang Jawa Tengah

“Nanti akan ada kawasan industri di Cilacap. Kita ingin adanya sinergi utilisasi infrastruktur, selain untuk ke Kilang namun juga akan kita gunakan untuk kawasan industri maupun masyarakat khususnya di Jawa Bagian Selatan,” ujar Heru dalam keterangan tertulis, Selasa (13/7/2021).

PGN sudah berkoordinasi dengan KESDM untuk mengenai jaringan pipa transmisi Cirebon-Semarang dimana diprioritaskan akan dibangun terlebih dahulu untuk ruas dari Semarang ke Batang. Dengan begitu, akan ada pasokan gas khusus ke Batang melalui jaringan Semarang-Batang.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sepakat bahwa akan dilakukan speed-up untuk pembangunan jaringan Semarang-Batang dalam membantu pemenuhan kebutuhan gas di Jawa Tengah.

Menurutnya, Jaringan Pipa Cirebon-Semarang juga penting untuk didorong diselesaikan. “Faktanya Jawa Tengah memang agak shut posisi gasnya, saya kira perlu di “gas” sehingga gas untuk industrinya bisa jalan,” imbuh Ganjar. ***

Baca Juga:  Transisi Energi, PGN perluasan Infrastruktur Gas Bumi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button