Oil & Gas

Berhasil Bongkar Muat di Pelabuhan Luar Negeri, Ini Trik Jitu PIS

Konstruksi Media – PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) berhasil melakukan bongkar muat logistik di pelabuhan luar negeri, salah satunya di Amerika Serikat.

Dalam kuliah umum terbuka untuk taruna taruni Pra Praktek Laut (PRALA) dan Praktek Darat (PRADA) Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, PIS membeberkan trik Jitu bisnis logistik laut.

LPSQ/DPA (Loss Prevention Safety Quality/ Designated Person Ashore) Superintendent Fleet Management PT PIS, Capt. Gandha Febriansyah mengungkapkan, pelayaran internasional mengangkut sekitar 90 persen barang perdagangan global penduduk dan masyarakat di seluruh dunia.

Dengan kondisi global inilah, peran para taruna dan taruni sangat diharapkan optimal untuk penyokong pelayaran ke depannya.

Baca Juga:  Mantap! Merah Putih Berkibar Saat Loading Perdana LPG di Amerika Serikat

Pokok materi yang dibawakan oleh Capt. Gandha sebagai pembicara adalah seputar, Safety of Life at Sea (SOLAS), Marine Pollution (MARPOL), International Safety Management Code (ISM Code), The International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code), Collision Regulation dan terkait Shipping Rules & Regulation Structure serta termasuk penjelasan secara garis besar mengenai penerapan ISM Code di PT Pertamina International Shipping

Dalam kesempatan ini, Capt. Gandha turut memberikan penjelasan mengenai proses bisnis Pertamina dari Hulu hingga Hilir serta penjelasan mengenai prospek bisnis perkapalan di domestik maupun internasional.

Beberapa kapal milik PT PIS seperti Very Large Gas Carrier (VLGC) Pertamina Gas 1 dan Pertamina Gas 2 serta beberapa kapal Crude tipe Large Range (LR) seperti MT Gamsunoro, MT Gunung Geulis, MT Gamkonora, MT Gede dan beberapa kapal type Medium Range (MR) dan General Purpose (GP) sudah berhasil dalam melakukan operasional muat dan bongkar di pelabuhan luar negeri, berkat kerja keras seluruh tim.

Baca Juga:  Pertamina dan Pupuk Indonesia Bakal Kembangkan Hidrogen dan Energi

“Hal ini tentunya tidak lepas dari sinergi yang terbangun antara Manajemen Shorebase (darat) dan Shipboard (kapal), serta seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang salah satunya adalah peran para pelaut Pertamina yang andal dan berpengalaman, yang siap membawa kapal milik PT. PIS ke kancah internasional shipping” ujar Capt. Gandha dalam keterangan tertulis yang dikutip, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, calon awak kapal harus dapat memahami secara garis besar materi yaitu mengoptimalkan logistik laut dengan memahami dasar aturan dan regulasi kapal sebelum naik ke atas kapal untuk menjalankan Praktek Laut.

Tak kalah penting, selama di atas kapal harus mematuhi seluruh peraturan yang telah ditetapkan, seperti menggunakan perlengkapan alat perlindungan diri, saling menjaga suasana kerja dan kapal agar kondusif, serta selalu bekerja dengan aman, selamat, dan cerdas yang didukung oleh penilaian risiko (risk assesment) yang dilakukan sebelum bekerja.

Baca Juga:  Optimasi Kilang, Pertamina Lampaui Target Kinerja Lampaui Target Triwulan I-2021

“Ditengah maraknya pandemik Covid-19 ini, PIS tidak hanya fokus untuk terus berjuang mendistribusikan energi ke pelosok negeri, kami juga terus melakukan kegiatan positif dalam rangka pemberian materi kuliah umum terbuka untuk selalu memberikan energi positif pada calon pelaut yang handal agar dapat mempersiapkan dirinya menjadi pejuang energi yang kompeten dan professional” ujar Arief Sukmara, Corporate Secretary PIS.***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button