EVENT

PLN Sabet Penghargaan Top Digital 2022, Mudahkan Layanan Masyarakat

Dengan transformasi bisnis, PLN berhasil memberikan pelayanan digital dan terbukti mudahkan masyarakat akses listrik.

Konstruksi Media – Di penghujung tahun 2022, lagi-lagi PT PLN (Persero) berhasil meraih penghargaan Top Digital Implementation 2022 level stars 5.

Selain itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo juga berhasil meraih penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2022 pada acara Top Digital 2022 yang diadakan di Hotel Raffles Jakarta.

PLN dinilai telah berhasil dalam implementasi dan pemanfaatan teknologi digital sehingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Ketua Penyelenggara Top Digital 2022, M. Lutfi Handayani menyebut ini merupakan kegiatan pembelajaran bersama dan juga kegiatan penghargaan yang diberikan kepada instansi pemerintahan dan korporasi bisnis yang dinilai telah berhasil dalam implementasi dan pemanfaatan teknologi digital di Indonesia.

“Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang Top Digital 2022. Dengan kegiatan ini kita ingin mendorong percepatan transformasi digital agar bisa memberikan dampak yang strategis baik itu untuk korporasi, bisnis maupun pemerintahan. Untuk itu kami mendorong seluruh pihak terus meningkatkan kualitas mengimplementasikan dan memanfaatkan teknologi digital,” kata Lutfi, Jumat, (16/12/2022).

Baca Juga:  BlueScope Hadirkan Steel Architecture Award 2024, Ajang Penghargaan untuk Arsitek dan Desainer
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat menerima penghargaan Top Digital Implementation 2022 level stars 5. Dok. Ist

Sementara, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebut bahwa penghargaan ini menjadi suatu kebanggaan bagi seluruh Tim PLN.

Dia menjelaskan PLN telah bertransformasi sejak dua setengah tahun yang lalu dan berinovasi serta efisiensi dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya.

Baca Juga : PLN Raih Green Initiative Awards 2022, Komit Jalani Leadership untuk Transisi Energi

“Hari ini adalah hari yang penuh dengan kebanggaan bagi seluruh Insan PLN, karena kita mendapatkan dua award dari It Works. Salah satu Award Digital yang paling bergengsi di Indonesia yaitu Top Digital Implementation dan Top Leader on Digital Implementation. Prestasi luar biasa saya dedikasikan kepada insan PLN yang sudah bekerja keras, yang sudah bekerja dengan penuh pengertian, penuh pengorbanan sehingga kita sampai di sini,” terang Darmawan.

Baca Juga:  Kebutuhan Listrik 2060 Diprediksi Naik 5 Kali Lipat, Begini Persiapan PLN

Dikatakan olehnya digitalisasi yang dilakukan PLN telah menyentuh berbagai aspek, dimulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi. Selain itu, Digitalisasi juga dilakukan pada sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan.

“Dalam menghadapi seluruh tantangannya kita mampu bukan hanya memetakan persoalan, tapi menyelesaikannya secara komprehensif dan salah satunya adalah dengan cara digitalisasi proses bisnis. Proses bisnis yang tadinya statis, dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang dulunya manual, kini didigitalisasi secara end to end,” beber dia.

Penghargaan yang berhasil di raih oleh PLN di penghujung tahun 2022. Dok. Ist

Berkat transformasi yang dijalankan PLN di seluruh lini bisnis, urai Darmawan, aset-aset yang dulunya berserak kini telah dikonsolidasikan. Proses bisnis pengelolaan pembangkitan pun disederhanakan. Utilisasi aset yang tadinya belum maksimal, dioptimalkan. Begitu pula dengan pengelolaan energi primer juga dikonsolidasikan.

Baca Juga:  Bidik Rekor MURI, Pesona Kahuripan Targetkan Jual Seribu Unit Rumah Dalam Satu Hari

“Pengadaan energi primer tidak hanya meningkatkan keandalan, tetapi juga sekaligus membangun value creation yang besar bagi PLN,” imbuhnya.

Secara keseluruhan PLN Grup berhasil mendapatkan 7 penghargaan di mana tambahan 2 penghargaan diraih PLN ICON Plus dan 3 penghargaan diraih PT Cogindo DayaBersama.

Lebih jauh dia mengatakan, PLN Mobile juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat dengan menjadi salah satu aplikasi terbaik se Asia Tenggara dengan downloader lebih dari 35 juta. Saat ini PLN Mobile memiliki rating 4,8 dari semula 2,5.

“Alhamdulillah, masyarakat menyambut perubahan kami. Aplikasi pelayanan pelanggan kami PLN Mobile mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses kelistrikan,” pungkas Darmawan Prasodjo.

Baca Artikel Selanjutnya :

Related Articles

Back to top button